7500 Warga Ikuti Jalan Santai Hari Koperasi

  • 30 Jul
  • yandip prov jateng
  • No Comments

Brebes-Lebih kurang 7500 warga Brebes mengikuti jalan sehat memperingati Hari Koperasi ke 71, Jumat (27/7). Jalan sehat yang digelar Dinas Koperasi dan Usaha Mikro dan Perdagangan (Dinkop UMP) Kabupaten Brebes, berlangsung meriah dengan melibatkan seluruh unsur masyarakat dari pelajar, mahasiswa, PNS, TNI dan Polri serta pelaku UMKM.

Sekretaris Daerah (Sekda) Brebes H Emastoni Ezam melepas jalan sehat dengan mengibaskan bendera star. Peserta jalan sehat menempuh perjalanan sekitar 5 kilometer dengan mengambil star dari Stadion Karangbirahi, terus berjalan sepanjang jalan Taman Siswa, Dukuh Kelapa Sawit, Padasugih, Kelurahan Gandasuli, Taman Edukasi dan kembali finish ke Stadion Karangbirahi.

Toni bersyukur, dihari ulang tahun ke-71 Koperasi Indonesia, Kabupaten Brebes bisa menggelar peringatan dengan meriah, diantaranya jalan sehat. Dia mengajak masyarakat untuk selalu hidup bersih dan sehat juga lebih mengenal koperasi sebagai soko guru perekonomian Indonesia.

“Keberadaan koperasi, terbukti turut berkontribusi dalam pembangunan Brebes, khususnya dalam menumbuhkan peningkatan perekonomian Kabupaten Brebes,” ucapnya.

Plt Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro dan Perdagangan (Dinkop UMP)  H Moh Iqbal menjelaskan, di Kabupaten Brebes terdapat 369 Koperasi aktif dan berbadan hukum namun ada 74 koperasi yang tidak aktif sehingga perlu mendapatkan pembinaan lebih lanjut.

“Koperasi merupakan sebuah wadah untuk mengaktifkan geliat ekonomi masyarakat. Untuk itu, perkoperasian dengan sistem yang sehat harus kita dukung bersama,” ajaknya.

Ketua Panitia Jalan Sehat Edy Purwanto menambahkan, jalan sehat menyebar 7500 kupon undian kepada masyarakat. Ratusan hadiah dibagikan kepada peserta seperti kulkas, televisi, sepeda gunung, kipas angin dan lain lain serta doorprize.

“Hadiah utama berupa kulkas diraih Munawar Staf bagian Umum Setda Brebes,” terang Edy.

Selain jalan sehat, dalam rangka Hari Koperasi ke-71 tingkat Kabupaten Brebes juga mengikuti kegiatan yang digelar Dinas Koperasi Provinsi Jawa Tengah. Antara lain mengikuti Jamboree Koperasi di Bumi Perkemahan Semugih PTPN IX Pemalang, Grebeg Koperasi dengan menampilkan gunungan hasil bumi dan kesenian tradisional di Taman Patih Sampun menuju Alun alun Pemalang dan Saresehan Koperasi Pemalang. (wasdiun)

Berita Terkait