RELAWAN PMI HARUS MAMPU BAKTIKAN DIRI SEPENUH HATI

  • 21 Jul
  • dev_yandip prov jateng
  • No Comments

KENDAL – Bupati Kendal dr. Mirna Annisa, M.Si mengatakan, para relawan Palang Merah Indonesia khususnya harus mampu membaktikan diri dengan menolong sesama manusia denghan sepenuh hati. Hal tersebut dikatakannya saat memberikan sambutan pada kegiatan Pelepasan peserta Jumbara ( Jumpa Bhakti Gembira ) dan Temu Karya Relawan Tingkat Jawa Tengah, Kamis (20/7) di halaman Rumah Dinas Bupati Kendal.

Selain itu, para relawan dalam kegiatan Jumbara di Kabupaten Pati ( 21 – 27 Juli ) diminta Bupati untuk dapat membawa nama baik dan mengharumkan Kabupaten Kendal di tingkat provinsi.

“Jaga kesehatan juga selama adik – adik melaksanakan kegiatan dan tunjukkan kemampuan kalian dalam simulasi pertolongan dengan baik sehingga memeroleh hasil maksimal yang berdampak baik saat menolong sesama,” pinta Bupati Mirna.

Sementara, menurut Ketua PMI Kabupaten Kendal dr. Budi Mulyono, Jumbara merupakan kegiatan yang rutin dikukan oleh para anggo PMR dari sejumlah daerah di indonesia. Kegiatan ini di selenggarakan oleh PMI yang bertujuan agar para anggota PMR dari daerah-daerah mana pun bisa bertegur sapa dan saling bertukar ilmu yang bisa di bilang silturahmi antara para anggota PMR di Indonesia.

Jumbara merupakan ajang kreatifitas anak – anak PMR untuk menguji kemapuan tentang tujuh materi pokok PMR yakni gerakan, pertolongan pertama, kesehatan dan sanitasi, kesehatan remaja, ayo siaga bencana, donor darah serta kepemimpinan. Sementara Temu Karya relawan merupakan ajang pembelajaran mulai dari penyusunan Rencana Kontijensi, Rencana Operasi sampai tanggap darurat serta bagaimana kegiatan sosial kemasyarakatan yang banyak melibatkan relawan.

“Dari semua itu sangat diharapkan PMI bisa mencetak para relawan masa depan yang tangguh dan peduli sesama,” terang Budi Mulyono.

Selain itu, kontingen Kabupaten Kendal juga ditargetkan untuk mencetak relawan yang peduli sedangkan target kontingen adalah masuk peringkat I. Tahun sebelumnya Kabupaten kendal masuk peringkat II se – Jateng.

Kontingen Jumbara Kabupaten Kendal terdiri dari 71 orang yang terdiri antara lain PMR Mula ( 12 ), PMR Madya ( 12 ), PMR Wira ( 12 ), Korps Sukarela ( 12 ) dan Tenaga Sukarela ( 12 ). ( Kontributor Kendal / heDJ / Diskominfo )

Berita Terkait