CEGAH NARKOBA, BAANAR BREBES DIKUKUHKAN

  • 20 Jul
  • dev_yandip prov jateng
  • No Comments

BREBES-Wakil Bupati Brebes Narjo SH mengukuhkan Barisan Ansor Anti Narkoba pada peringatan Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) di halaman kantor Sekretariat Kabupaten Brebes, Rabu (19/7). BAANAR sangat dibutuhkan dalam upaya pencegahan Narkoba terutama dilevel pedesaan maupun perkotaan sehingga perannya sangat dinanti.

“Narkoba tidak mengenal kasta menjamah siapa saja, maka waspada dan jauhilah,” kata Narjo usai mengukuhkan BAANAR Kabupaten Brebes.

Menurut Narjo, hingga saat ini Ansor steril dari berbagai tindak negatif seperti penyalahgunaan Narkoba, Miras, maupun hal lain yang merugikan diri sendiri dan orang lain. Benteng agama telah memperkuat keimanan dan ketakwaan para anggota Ansor sehingga terhindar dari Narkoba. “Jadilah pelopor anti Narkoba di daerah masing-masing,” ajak Narjo.

Sekretaris PC GP Ansor Brebes Ali Faozan MT memandang, pencegahan dan pemberantasan Narkoba bagi Ansor adalah sebagai bentuk penegakan Syareat Islam. Ada lima tujuan keterlibatan NU dan Nevennya dalam pencegahan dan pemberantasan Narkoba. Yakni, pertama melindungi keyakinan agama (hifdz al-din), kedua melindungi keberlangsungan hidup manusia (Hifdz al-nafs), ketiga menjamin keturunan manusia atau mencegah lost generation (hifdz al-nasl), keempat, mencegah kemubadiran harta (hifdz al-mal) dan kelima memelihara agar akal manusia tetap terjaga (hifdz al-aql)

Ansor, kata Faozan, bergandengan tangan dengan pemerintah dan unsure terkait peduli dan perihatin turut mencegah dan memberantas narkoba.

Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Brebes Drs H Atmo Tan Sidik wanti wanti agar generasi muda jangan sampai mudah tergiur rayuan setan, penjahat tanpa wajah Narkoba. “Lamon Nyacak, Saumure Nyiksa Awak (Kalau mencoba, seumur hidup menyiksa badan,” tandas Atmo yang juga Sang Maestro Budaya Pantura.

Adapun pengurus BAANAR Kabupaten Brebes periode 2017/2019 yang dikukuhkan antara lain Kepala Iwan Efendi, Kepala Harian Masykur Ramdhani, Sekretaris Yosi Nur Imanulloh dan Bendara Riko Junaedi Pratama.

Kepengurusan ini, selanjutnya akan membentuk kepengurusan di Pimpinan Anak Cabang (PAC) di 17 Kecamatan se kabupaten Brebes. (wasdiun)

 

Berita Terkait