Hari Jadi ke-294, Bupati Grobogan Beberkan Keberhasilan Pembangunan

  • 05 Mar
  • yandip prov jateng
  • No Comments

GROBOGAN – Peringatan Hari Jadi ke-294 Kabupaten Grobogan digelar. Ratusan tamu undangan dan masyarakat hadir dalam peringatan yang digelar di Alun-alun Purwodadi, Rabu (4/3/2020).

Dalam sambutannya, Bupati Grobogan Sri Sumarni meminta agar momentum ini bisa menjadi sarana untuk membenahi semua kekurangan pada tahun-tahun sebelumnya. Khususnya dalam memberikan pelayanan prima pada masyarakat

“Dalam usianya yang hampir tiga abad ini, sudah banyak prestasi yang dicapai Kabupaten Grobogan. Baik di kancah Jawa Tengah maupun nasional. Ke depan, prestasi ini harus terus ditingkatkan,” katanya.

Namun demikian, ia mengingatkan agar tidak lekas berpuas diri dengan prestasi yang telah diraih.

“Tantangan ke depan dirasa bakal semakin berat. Dibutuhkan kerja keras dari semua pihak agar prestasi yang diraih Kabupaten Grobogan bisa meningkat lagi dibandingkan tahun-tahun sebelumnya,” ujarnya.

Lebih lanjut disampaikan, jumlah penduduk miskin di Grobogan juga terus mengalami penurunan, yakni sebesar 11,77% pada 2019.

Produktivitas padi, jagung, dan kedelai (Pajale) juga terus meningkat. Sehingga menempatkan Grobogan sebagai penyangga pangan Jawa Tengah dan Nasional. Pada 2018 produktivitas padi tercatat 840.851 ton, jagung 779.025 ton dan kedelai sebesar 45.000 ton.

“Laju inflasi juga mampu kita kendalikan dalam posisi yang cukup aman. Tahun 2019 di angka 2,82 persen,” jelasnya.

Demikian pula dengan persentase jalan dalam kondisi baik. Pada 2019, jalan dengan kondisi baik tercatat sebesar 76%, jauh lebih baik dibanding capaian 2016 yang hanya 46,8%. Ditargetkan, pada 2020 persentase jalan baik tersebut dapat mencapai 80,5%.

Penulis : Kadarwati/ Diskominfo Grobogan
Editor : WH/ Diskominfo Jateng

Berita Terkait