“Semar Bangun Kayangan” Hibur Warga Gondangmanis

  • 02 Mar
  • yandip prov jateng
  • No Comments

KUDUS – Menyadari banyaknya generasi muda yang mulai abai terhadap kesenian tradisional, termasuk kesenian wayang kulit Pemerintah Desa Gondangmanis dan pemilik otobus PO Haryanto menyelenggarakan pagelaran wayang kulit di Lapangan Desa Gondangmanis, Sabtu (29/2/2020).

Hujan yang sempat mengguyur daerah tersebut, tak menyurutkan antusiasme masyarakat untuk datang dan menyaksikan pagelaran wayang kulit. Sejumlah pemuda dan anak-anak pun tampak di antara mereka yang hadir.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kudus Hartopo menyampaikan, selain untuk nguri-uri budaya, pagelaran wayang kulit bisa menjadi ajang silaturrahmi antar warga.

“Semoga wayang kulit dapat memberikan hiburan sekaligus edukasi masyarakat tentang kesenian khas Jawa. Begitu pula silaturahmi antarwarga dapat terjalin dan semakin akrab,” ungkapnya.

Menurut Hartopo, wayang dengan lakon “Semar Bangun Kayangan” oleh dalang Ki Tengkleng dari Solo, menceritakan bagaimana setiap pribadi menjalani kehidupan sesuai dengan ajaran agama. Begitu pula mencakup bagaimana seharusnya seorang pemimpin bisa memimpin rakyatnya.

Dia berharap, cerita tersebut bisa menjadi pelajaran berharga penonton. Hartopo juga meminta kepala desa agar selalu sigap melayani masyarakat.

“Sebagai seorang pelayan masyarakat dan kepanjangan tangan dari bupati, kepala desa harus terus mendengarkan apa yang dibutuhkan rakyat. Jangan hanya fokus pada pembangunan infrastruktur, tapi juga bantuan sosial seperti santunan anak yatim maupun bedah rumah,” imbuhnya.

Pemilik Perusahaan Otobus Haryanto menyampaikan, pemimpin yang baik adalah pemimpin yang mendengarkan aspirasi masyarakat dan menyantuni anak yatim. Melalui pagelaran wayang diharapkan menjadikan Kabupaten Kudus semakin rukun, aman, dan sejahtera.

Haryanto juga menuturkan, jabatan adalah sebuah titipan dari Allah SWT. Karenanya, yang paling penting bagaimana menjalankan jabatan itu dengan amanah.

“Setiap jabatan yang diberikan oleh Allah SWT harus kita syukuri dan dijalankan dengan penuh tanggung jawab. Semoga pagelaran wayang ikut menjadikan Kabupaten Kudus semakin aman dan sejahtera,” ucapnya.

Penulis : Kontributor Kab Kudus
Editor : Di, Diskominfo Jateng

Berita Terkait