Akuntabilitas Kinerja Pemkab Banyumas Terbaik di Jateng

  • 26 Feb
  • yandip prov jateng
  • No Comments

 

BANYUMAS – Pemerintah Kabupaten Banyumas memperoleh penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) atas prestasinya dalam penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dengan predikat BB. Bupati Banyumas, Achmad Husein, menerima penghargaan yang diserahkan langsung oleh Menteri PAN/RB, Tjahyo Kumolo, pada acara SAKIP Award 2019, di Hotel Tentrem Yogyakarta, Senin (24/2/2020).

Bupati Banyumas Achmad Husein mengaku bangga atas raihan prestasi tersebut. Menurutnya, kesuksesan itu merupakan hasil kerja sama dari seluruh komponen pemerintah dengan terus membudayakan kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas dan kerja ikhlas dari seluruh jajarannya.

“Saat ini akuntabilitas kinerja yang dimiliki oleh Pemerintah Kabupaten Banyumas sudah baik dan ke depan harus ditingkatkan. Saya berharap kinerja kedepan harus lebih baik yang berorientasi pada hasil. Harus jelas outcome-nya, tidak boleh lagi hanya membuat program yang tidak berorientasi pada hasil,” ungkapnya.

Predikat BB yang disematkan kepada Pemkab Banyumas tersebut menjadikan Kabupaten Banyumas sebagai peraih nilai SAKIP 2019 tertinggi se-Jawa Tengah. Total nilai yang diraih adalah 73,84. Nilai ini meningkat pesat dibandingkan tahun lalu, 70,95. Setelah Banyumas, tiga wilayah lain juga sukses meraih predikat BB, yakni yaitu Cilacap, Wonogiri dan Kota Pekalongan. Sementara kabupaten/kota lainnya masih berada pada kategori B dan CC.

Penyerahan hasil evaluasi SAKIP kali ini diperuntukkan bagi pemerintah kabupaten/kota wilayah III yang meliputi Provinsi Papua, Maluku, Sulawesi, Jawa Tengan, dan DI Yogyakarta.

Predikat SAKIP Pemkab Kebumen Sukses Jadi B

Penghargaan atas keberhasilan meningkatkan nilai SAKIP juga diberikan oleh Menteri PAN/RB kepada Pemerintah Kabupaten Kebumen. Dengan nilai 61,85 Pemkab Pekalongan meraih predikat B setelah setahun sebelumnya, berada pada predikat CC dengan nilai 58,72. Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Bupati Kebumen, Yazid Mahfudz.

Dari hasil evaluasi SAKIP tahun 2019, rincian nilai Kabupaten Kebumen mengalami kenaikan cukup signifikan. Nilai perencanaan kerja naik dari 20.29 menjadi 21.13, pengukuran kinerja 13.78 menjadi 14.19, dan pelaporan kinerja dari 9.66 naik menjadi 9.83. Selain itu, nilai evaluasi internal mengalami kenaikan dari 5.88 menjadi 6.06, dan capaian kinerja dari nilai 9.11 menjadi 10.64.

Saat memberikan sambutan pada acara SAKIP Award 2019 tersebut, Menteri PAN/RB, Tjahjo Kumolo, mengatakan Kementerian PAN/RB setiap tahunnya melaksanakan evaluasi atas implementasi SAKIP pada seluruh Kementerian, Lembaga, dan Pemerintah Daerah. Evaluasi dilakukan untuk mendorong akuntabilitas kinerja yang berorientasi pada hasil, serta melakukan pembinaan yang berkesinambungan di seluruh instansi pemerintah.

“Hasil evaluasi SAKIP pada tahun 2019 menunjukkan perbaikan yang ditunjukkan dengan peningkatan nilai rata-rata hasil evaluasi pada tingkat provinsi dan kabupaten/kota,” kata Tjahjo.

Penulis: Ec/Kontributor Banyumas dan Tim Kominfo Kebumen
Editor: Tn/Diskominfo Jateng

Berita Terkait