Jembatan Nusantara, Ikon Baru Swafoto di Wonogiri

  • 18 Feb
  • yandip prov jateng
  • No Comments

WONOGIRI – Wonogiri punya ikon swafoto baru,yaitu sebuah jembatan berwarna merah putih yang berada di ruas Jalur Lingkar Kota (JLK) di Dusun Serut, Desa Pare, Kecamatan Selogiri.Namanya, Jembatan Nusantara. Pemberian nama tersebut bukan tanpa makna, melainkan ada harapan besar kepada semua generasi untuk selalu mengingat kebhinekaan bangsa. Indonesia ini tersusun dalam keberagaman yang indah, kendati penuh perbedaan namun justru menjadi pemersatu negara dan bangsa.

Hal itu ditegaskan oleh Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, saat meresmikan Jembatan Nusantara, Senin (17/2/2020). Peresmian infrastruktur tersebut bertepatan dengan momen 4 tahun kepemimpinannya bersama Wakil Bupati Edy Santosa.

“Warna merah putih mengelorakan semangat persatuan dan kesatuan, kita satu dalam wadah NKRI, kita satu dalam Nusantara,” jelas bupati.

Joko berharap keberadaan Jembatan Nusantara sebagai bagian dari JLK itu dapat membawa dampak positif bagi masyarakat, yakni meningkatkan perekonomian. Selain memperlancar arus transportasi dan distribusi barang, Jembatan Nusantara diharapkan dapat menjadi landmark baru yang menarik wisatawan untuk berkunjung ke Wonogiri.

Proyek pembangunan JLK Wonogiri serta Jembatan Nusantara sepanjang 15,594 KMtersebut digarap secara bertahap sejak kepemimpinan dua orang Bupati Wonogiri sebelum Bupati Joko, yakni Bupati DanarRahmantodan Bupati Begug Poernomosidi. Pada tahun 2019, berbekal anggaran Rp56,126 miliar lebih yang berasal dari Banprov Jateng Rp41,162 miliar lebih serta dana pemerintah pusat atau dana alolasi umum (DAU) Rp14,964 M lebih, Pemkab Wonogiri berhasil menyelesaikan ruas terakhir JLK dengan panjang 5,033 kilometer.

“Banyak orang yang semula pesimistis JLK bisa selesai karena berganti Bupati hingga tiga kali. Pesan saya cuma satu, setelah ada jembatan ini ayo kudu diopeni bareng, untuk anak cucu kita nantinya. Kita harus merasa rumongso melu handarbeni dengan menjaga keberadaan jembatan ini dengan sebaik-baiknya,” ujar bupati.

 

Penulis: Est/Kontributor Kab. Wonogiri

Editor: Tn/Diskominfo Jateng

Berita Terkait