Bumdes Dempelrejo Kendal Launching Kampung Enterpreneur Kids

  • 05 Feb
  • yandip prov jateng
  • No Comments

KENDAL – Beberapa gazebo bambu yang menjual berbagai jajanan tradisional seperti bubur, opak, rengginang, pilus, es selendang mayang, es goyobod, nampak ramai didatangi pembeli, yang kebanyakan ibu-ibu. Uniknya, transaksi pembelian makanan tersebut menggunakan uang koin dari kayu. Pengunjung harus menukar uang mereka dengan koin kayu yang bernilai Rp 2.000 hingga Rp 10.000.

Bazar makanan tradisional itu merupakan salah satu rangkaian kegiatan Kampung Enterpreneur Kids (KEK) di Desa Dempelrejo, Kecamatan Ngampel yang dilaunching Minggu (2/2/2020) dan akan berlangsung selama sebulan. Selain bazar, acara dimeriahkan dengan penampilan band indie karang taruna desa setempat, kesenian barongan, dan senam sehat.

Solikhatun, salah satu pedagang merasa diuntungkan dengan kegiatan tersebut.

“Saya jualan jagung rebus, pilus, opak, sama jus. Rata-rata yang beli ibu-ibu. Acara ini sangat berkesan dan menguntungkan. Harapannya supaya terus berlanjut dan lebih maju,” ujarnya.

Selain gazebo berbagai makanan tradisional, terdapat taman bunga mini yang bisa dijadikan spot foto bersama keluarga. Kelebihan lokasi KEK ini adalah letaknya di tengah persawahan. Jika beruntung, anak-anak bisa melihat kereta api melintas di tengah sawah yang kini sudah jarang ditemukan. Tak hanya anak-anak, sasaran utama dari kegiatan ini adalah remaja, ibu-ibu rumah tangga, dan UKM lokal.

Direktur Bumdes Rejo Mulyo Atman mengatakan, dengan memanfaatkan lahan kosong Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Rejo Mulyo, bermaksud menyelenggarakan event Kampung Enterpreneur Kids (KEK) untuk meningkatkan pendapatan asli desa. Yaitu dengan konsep edukasi yang fokus pada cara menanamkan jiwa enterpreneur dan leadership kepada anak.

“Harapan kami ini bisa menjadi pemasukan untuk masyarakat asli desa, dan untuk generasi muda yang belum ada kegiatan positif atau masih pengangguran bisa mendapatkan hasil dari sini,” jelasnya.

Penulis : Diskominfo Kendal
Editor : Di, Diskominfo Jateng

Berita Terkait