Dibuka Pendaftaran Pelatihan Tahap 1 BLK Kendal

  • 17 Jan
  • yandip prov jateng
  • No Comments

KENDAL – Balai Latihan Kerja (BLK) Kendal mulai tahun 2020 menerapkan pendaftaran bagi calon peserta pelatihan secara online. Pendaftarannya melalui website disnaker.kendalkab.go.id/silapar.

Selanjutnya menyerahkan berkas persyaratan, yaitu foto copy KTP, foto copy KK, foto copy Kartu tanda Bukti Pendaftaran Pencari Kerja, foto Copy ijazah terakhir, pas foto berwarna ukuran 3×4 sebanyak 3 lembar, materai Rp. 6.000 sebanyak 1 lembar dan asli Surat Keterangan atau pengantar dari Desa/kelurahan.

Kepala UPTD Balai Latihan kerja Dinas tenaga Kerja Kendal, Jati Pramono mengatakan, pada tahun 2020 BLK Kendal membuka 30 paket pelatihan yang waktu pelaksanaanya dibagi menjadi 5 tahap. Pendaftaran secara resmi dibuka mulai 2 Januari 2020, namun BLK Kendal tetap menerima daftar tunggu yang sudah melakukan pendaftaran tahun sebelumnya.

“Karena tiap tahun kuotanya terbatas, sehingga peserta yang tidak bisa tertampung akan dimasukan dalam daftar tunggu yang bisa diikutkan pada tahun berikutnya,” jelasnya.

Jati mengatakan, bahwa peserta pelatihan di BLK Kendal dipersiapkan untuk perusahaan, sehingga usia peserta dibatasi mulai 18 sampai 30 tahun. Ada beberapa perusahaan yang sudah bekerja sama dengan BLK Kendal dalam hal perekrutan tenaga kerja, yaitu PT Sandang Asia Baju Abadi, PT Bina Busana Inter Nusa, PT Apparel One Indonesia, PT Sion Semarang Asia dan PT Ungaran Sari garmen. “BLK Kendal mendidik peserta supaya siap bekerja, baik bekerja di perusahaan maupun mandiri atau berwirausaha,” katanya.

Instruktur BLK Kendal, Tri Ruwanto mengatakan, pendaftaran secara online ini untuk memberikan kemudahan bagi calon pendaftar. Selain itu, juga mencari calon pendaftar yang lebih berkualitas, karena dengan mendaftar melalui online, berarti calon peserta sudah mengerti dunia internet.

“Ternyata dengan pendaftaran secara online, pesertanya lebih banyak. Pada tahun 2019 jumlah pendaftar ada 1.412 peserta dan yang diterima sebanyak 634 peserta, sesuai kapasitas. Pada tahun 2020 ini untuk tahap 1 saja jumlah pendaftar mencapai 287 dan yang akan diterima sebanyak 112 peserta,” jelasnya.

Tahap 1 ada 7 paket pelatihan, yaitu tata kecantikan kulit dan rambut, teknik audio video, menjahit pakaian sesuai style 1, menjahit pakaian sesuai style 2, menjahit pakaian wanita dewasa, teknik sepeda motor dan pengelasan Smaw 3G. Pendaftarannya dibuka mulai 2 Januari sampai 2 Februari 2020, sedangkan pelatihannya mulai 3 Februari sampai 11 Maret 2020.

Tahap 2 ada 5 paket pelatihan, yaitu tata kecantikan kulit dan rambut, instalasi listrik, menjahit pakaian sesuai style 1, menjahit pakaian sesuai style 2, dan pembuat pakaian jadi. Pendaftaran mulai 1 Maret sampai 4 April 2020, sedangkan pelatihannya mulai 6 April sampai 16 Mei 2020.

Tahap 3 ada 7 paket pelatihan, yaitu menjahit tata busana 1 sampai 4, teknik sepeda motor, elektronika dan las listrik Smaw 3G. Pendaftaran mulai 1 Mei sampai 1 Juni 2020, sedangkan pelatihannya mulai 2 Juni sampai 8 Juli 2020.

Tahap 4 ada 7 paket pelatihan, yaitu tata kecantikan kulit dan rambut, teknisi telepon seluler, menjahit pakaian sesuai style 1 dan 2, pembuat pakaian jadi, teknik sepeda motor dan pengelasan Smas 3G. pendaftaran mulai 22 Juni sampai 20 Juli 2020, sedangkan pelatihannya mulai 20 Juli sampai 29 Agustus 2020.

Tahap 5 ada 4 paket pelatihan, yaitu pembuat pakaian jadi 1, pembuat pakaian jadi 2, menjahit pakaian wanita dewasa, dan teknik sepeda motor. ( Kominfo Kendal / heDJ )

Berita Terkait