77 Calon Paskibraka Rembang Digembleng Mental dan Fisik

  • 23 Jul
  • yandip prov jateng
  • No Comments

REMBANG – Puluhan calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) mengikuti latihan intensif di Alun-Alun Rembang, Senin (22/7/2024). Latihan dipimpin oleh dua pelatih dari Polres dan dua pelatih dari Kodim 0720/Rembang, dengan bantuan dari sejumlah Purna Paskibraka Indonesia (PPI).

Kepala Bidang Kesatuan Bangsa Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Rembang, Muhammad Luthfi Hakim menjelaskan, sebanyak 77 calon Paskibraka memulai pemusatan latihan dengan fokus pada penggemblengan fisik, mental, dan jiwa korsa. Di hari pertama, mereka menjalani berbagai latihan fisik, sesi berikutnya berfokus pada materi dasar peraturan baris-berbaris (PBB), seperti sikap hormat dan sikap sempurna. Latihan ditutup dengan lari mengelilingi alun-alun sebanyak dua kali.

“Fokus kita di awal menguatkan stamina dan fisik. Kita bentuk mentalnya dulu, jiwa korsanya biar jadi satu dulu,” ujarnya.

Lutfi menambahkan, pada minggu kedua, porsi latihan akan beralih ke latihan baris-berbaris. Latihan intensif ini diadakan setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 11.30 WIB, di bawah terik matahari, untuk melatih stamina dan ketahanan fisik calon Paskibraka.

“Karantina akan dilakukan pada tanggal 15, 16, dan 17 Agustus 2024 sebelum upacara bendera, dan pelantikan Paskibraka dijadwalkan pada tanggal 16 Agustus 2024,” imbuhnya.

Calon Paskibraka, Febriana Vindy Rizqy Pradinda menyatakan, dia mempersiapkan fisik, mental, dan kesehatannya secara khusus untuk menghadapi pemusatan latihan ini.
“Saya menjaga pola makan sekarang dan tidur. Kemudian lari tiap sore untuk menjaga stamina dan fisik tetap bugar,” pungkasnya.

Penulis: Mifta Rembang
Editor: Di, Diskominfo Jateng

Berita Terkait