62 Perusahaan Ikuti Salatiga Job Fair 2024

  • 29 May
  • yandip prov jateng
  • No Comments

 

SALATIGA – Salatiga Job Fair 2024 resmi dibuka oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Yasip Khasani di Auditorium UIN Salatiga, Selasa (28/5/2024). Job fair kali ini diikuti 62 perusahaan ternama dari berbagai sektor.
Yasip Khasani mengatakan, Job fair ini dilaksanakan secara rutin oleh Pemkot Salatiga dua kali dalam satu tahun. Tahun ini, Job Fair berlangsung selama dua hari mulai 28-29 Mei 2024. Job fair merupakan komitmen pemerintah untuk mengurangi angka pengangguran.
“Kegiatan ini terbuka secara umum, jadi tidak hanya dari Kota Salatiga saja, melainkan dari wilayah di sekitarnya juga dipersilahkan mengikuti. Pada tahap pertama, pendaftar yang terdata sebanyak 4124 dan tahap kedua 4435, ini adalah jumlah pendaftar di tahun 2023. Andai saja kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari (pada tahun ini), tidak menutup kemungkinan akan mencapai 10.000 pendaftar”, ujar Yasip Khasani.
Yasip mengatakan, Pemkot Salatiga berhasil menurunkan angka pengangguran yang signifikan di tahun lalu.
“Data di tahun 2023, tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Kota Salatiga sebesar 4,57%. Angka ini memang sedikit di bawah angka TPT rata-rata kabupaten/kota di Prov. Jateng. TPT di Kota Salatiga telah mengalami penurunan yang cukup signifikan. Tahun 2021, TPT Salatiga sebesar 7,26%, kemudian pada data 2022 bisa kita tekan menjadi 5,58%. Dan syukur alhamdulillah, di tahun 2023 kita sudah berhasil menekan hingga di angka 4,57%”, ujar Yasip.
Yasip berharap, tahun ini TPT di Salatiga juga dapat ditekan, salah satunya dengan Job Fair untuk memfasilitasi pencari kerja agar mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakat mereka.
Kurnia, salah satu pencari kerja yang turut serta dalam Job Fair, cukup senang dengan adanya kegiatan tersebut.
“Saya baru lulus SMA, dan ingin mencari kerja untuk membantu meringankan beban orang tua. Senang juga sih dengan acara ini, jadi kita tinggal milih mana yang sesuai. Semoga aja ada yang cocok,” harapnya.

Penulis: Kontributor Kota Salatiga
Editor: WH/DiskominfoJtg

Berita Terkait