Jalan Ambles di Kajar Terus Ditangani

  • 21 Mar
  • yandip prov jateng
  • No Comments

REMBANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang terus melakukan penanganan jalan ambles di Desa Kajar Kecamatan Lasem. Alat berat milik Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU TARU) sudah digunakan sejak Sabtu, 16 Maret 2024 kemarin.

Kabid Bina Marga DPU Taru Rembang, Nugroho Tri Hutomo, saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (20/3/2024), mengungkapkan hasil dari identifikasi di lokasi jalan ambles, ternyata dinding penahan tanah atau talud ambrol. Sehingga, tanah mudah longsor ketika turun hujan.

“Upaya yang dilakukan DPU Taru terkait jalan ambles tersebut, yang pertama membersihkan dinding penahan yang lama, kita singkirkan. Kemudian tanahnya kita rapikan, supaya tidak terjadi longsor susulan,” ujarnya.

Selanjutnya DPU Taru membuat dinding penahan tanah yang baru dari beton. Setelah selesai, perbaikan jalan segera dilakukan.

“Ini sudah mulai kita kerjakan dinding penahan beton yang baru. Setelah selesai kita perbaiki jalannya, kita bangun ulang langsung,” tuturnya.

Ia menyebut dinding penahan tanah yang dibuat panjangnya 25 meter. Sedangkan tinggi dinding penahan tanah tiga meter.

Sebagai informasi, pada Kamis (14/3/2024) sekitar pukul 19.00 WIB, jalan yang menghubungkan Desa Kajar menuju Lasem, ambles sepanjang sekitar 20 meter. Kondisi jalan terjadi sejumlah retakan, dan harus ditutup agar tidak membahayakan warga yang melintas.

Sampai jalan tersebut selesai diperbaiki DPU Taru, warga Kajar yang menuju ke Lasem, dialihkan melewati jalan lain, karena jalan yang ambles tersebut bukan satu- satunya akses warga Kajar yang akan pergi ke pusat Lasem.

Penulis : Mifta Rembang Kominfo
Editor : Ul, Diskominfo Jateng

Berita Terkait