Dekatkan Layanan, Dukcapil Klaten Hadir di Car Free Day

  • 05 Feb
  • yandip prov jateng
  • No Comments

KLATEN – Menjadi pemimpin tidak harus selalu duduk di kursi dalam ruangan sejuk. Sekali waktu ia harus terjun langsung melayani masyarakat.
Itulah yang dilakukan Amin Mustofa, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Klaten. Belum genap sebulan mutasi di instansi baru, pria asli Sragen ini tak segan memimpin langsung anak buahnya melayani masyarakat di arena Car Free Day atau CFD yang berlokasi di halaman Gedung Wanita Klaten (Minggu, 4/2/2024).
“Tadi bersama keluarga salat subuh berjemaah di Masjid Raya Klaten. (Kemudian) sekitar pukul 06.00 WIB bersama-sama teman-teman melayani warga. Alhamdulillah antusiasme warga sangat bagus,” jelas Amin.
Sambil sesekali memberikan penjelasan kepada warga, mantan Kadis Kominfo Klaten itu menerangkan kalau pelayanan kependudukan tidak saja gratis, namun juga mewujudkan Disdukcapil yang lebih melayani.
“Masyarakat itu tidak saja butuh layanan. Tapi juga petugas yang ramah, murah senyum atau sumeh , itu penting. Dan layanan di Dukcapil Klaten gratis seperti KTP, akte kelahiran, akte kematian, KK dan lainnya,” ujar Amin Mustofa.
Layanan gratis dari Dukcapil Klaten dirasakan Miyanto (42) warga Jimbung, Kalikotes, Klaten. Ia mengaku sangat terbantu layanan Dukcapil di arena CFD.
“Pekan lalu anak kami yang di STM sudah rekam KTP. Sekarang sudah jadi dan gratis. Jadi ini sambil jalan-jalan di CFD bersama keluarga. Layanannya ramah, lancar dan gratis tidak ribet. Untuk rekam KTP cukup bawa fotokopi KK. Sangat mudah,” terang Miyanto.
Sebagai informasi, Dinas Dukcapil Klaten meningkatkan layanan perekaman KTP bagi warga guna menunjang Pemilu 2024. Kegiatan itu dilakukan bekerjasama dengan KPU, Bawaslu, PPK , SMK dan SMA. Saat ini masih ada 3.617 warga Klaten yang akan dipercepat untuk mendapatkan dokumen kependudukan.

Penulis: Joko Priyono Klaten
Editor: WH/DiskominfoJtg

Berita Terkait