Pemkab Klaten Dorong Desa Wujudkan Satu Data

  • 14 Nov
  • yandip prov jateng
  • No Comments

KLATEN – Badan Perencanaan Pembangungan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) Kabupaten Klaten menyerahkan penghargaan untuk tiga desa pengelola data terbaik di Kabupaten Klaten.
Asisten Pemerintahan dan Kesra, Joko Purwanto bersama Kepala Bappedalitbang, Pandu Wirabangsa menyerahkan penghargaan secara langsung kepada Juara I Desa Soka Karangdowo, Juara II Desa Titang Jogonalan, dan Juara III Desa Temuireng Jatinom, dalam acara Workshop Membangun Desa Dengan Data, Selasa (14/11/2023) di Pendopo Setda Kabupaten Klaten.
Joko Purwanto menyampaikan, kegiatan tersebut dilaksanakan untuk mewujudkan desa dengan satu data.
“Desa dan kelurahan tidak lagi menjadi objek pembangunan, melainkan sebagai subjek dan ujung tombak pembangunan. Saat ini di desa terdapat berbagai sistem aplikasi yang berasal dari berbagai Kementerian pusat, juga dari daerah, dan aparat desa sebagai narasumber atau produsen produsen data dari berbagai sistem aplikasi tersebut seharusnya bisa memiliki data yang lengkap dan akurat,” terangnya.
Dikatakan, workshop tersebut merupakan pelaksanakan perwujudan amanat undang undag nomor 16 tahun 1997 tentang statistik, BPS berkewajiban untuk melakukan pembinaan statistik kepada lembaga atau perangkat daerah, sedangkan Bappeda melakukan pembinaan statistik secara sektoral di tingkat desa secara berkesinambungan dan komprehensif.
“Semoga dengan dilaksanakannya workshop ini dapat menambah wawasan dan kepedulian kita terhadap data. Semoga ke depannya kita dapat menghasilkan dan menyajikan data yang akurat sehingga dapat dimanfaatkan secara luas oleh semua pihak khususnya untuk pembangunan di Kabupaten klaten yang kita cintai,” jelasnya.
Kepala Bidang Perencanaan, Pengendalian, dan Evaluasi Bappedalitbang Kabupaten Klaten, Ismet Basuki Cahyono mengatakan, workshop diikuti 600 orang yang dibagi dua sesi yakni tanggal 14 November dan 15 November 2023 dengan diikuti OPD, 13 perwakilan pemerintah kecamatan dan perwakilan pemerintah desa di wilayah tersebut.

Penulis: ser-ttr/kominfo-klt
Editor: WH/DiskominfoJtg

Berita Terkait