Ratusan Petani Dapat Bantuan Pompa Air BBG

  • 10 Oct
  • yandip prov jateng
  • No Comments

REMBANG – Sebanyak 359 petani di Kabupaten Rembang mendapatkan bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan), berupa paket pompa air berbahan bakar gas. Bantuan tersebut, merupakan program konversi bahan bakar minyak (BBM) ke bahan bakar gas (BBG), yang digulirkan oleh pemerintah sebagai upaya efisiensi penggunaan BBM kepada petani sasaran.

Kepala Dintanpan Kabupaten Rembang Agus Iwan Haswanto mengatakan, ada beberapa kriteria petani yang mendapat bantuan pompa air BBG. Di antaranya, memiliki luas lahan kurang dari 0,5 hektare, memiliki identitas petani, belum pernah menerima bantuan sejenis, dan masuk dalam basis data terpadu (BDT).

Agus berharap, bantuan tersebut dapat membantu petani dalam melaksanakan kegiatan pertanian, dengan tidak bergantung pada ketersediaan BBM. Apalagi, bahan bakar gas lebih irit ketimbang bahan bakar minyak dalam penggunaannya.

“Biasanya, pompa bensin pakai pertalite atau berbahan bakar gas lain. Ini konversi BBM ke BBG, yang merupakan program pemerintah. Semoga alat ini bisa dipergunakan semaksimal mungkin, sehingga dapat meningkatkan hasil produksi pertanian. Informasinya bahan bakar gas ini lebih irit dari pada minyak atau BBM, ” ucapnya.

Senada, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kabupaten Rembang, Mardi mengatakan, pompa air bahan bakar gas memang lebih irit, karena satu tabung gas berukuran tiga kilogram, bisa dipakai selama tujuh jam. Selain itu, juga lebih ramah lingkungan, karena tidak ada polusi yang ditimbulkan.

“Jadi ini inovasi yang memberikan keuntungan efisiensi, pencemaran kita juga semakin menurun, karena polusi udara bisa lebih ditekan. Mungkin suatu saat tidak hanya pompa air, alat-alat yang lain bisa dikonversi ke bahan bakar gas,” terangnya.

Pada kesempatan itu, Mardi meminta pihak pertamina untuk menjamin ketersediaan gas LPG. Pasalnya, belakangan ini ketersediaan stok gas LPG subsidi juga menjadi perhatian di tengah masyarakat.

Penulis: Mifta, Kominfo Rembang
Editor: Di, Diskominfo Jateng

Berita Terkait