Kerja Nyata Revolusi Mental

KEMENTERIAN KOORDINATOR

BIDANG PEMBANGUNAN MANUSIA DAN KEBUDAYAAN

REPUBLIK INDONESIA

 

Siaran Pers Nomor: 123 /Humas PMK/VIII/2017

 

Kerja Nyata Revolusi Mental

 

Solo (24/08) – Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan membuka Pekan Kerja Nyata (PKN) Revolusi Mental Indonesia 2017 di Stadion Manahan, Solo, Jumat sore besok (25/08). Sekitar 15.000 orang utusan Kementerian/Lembaga, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten/Kota, komunitas warga, dunia usaha, LSM dan sejumlah tokoh masyarakat, akan hadir ikut memeriahkan perhelatan tersebut. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani, yang memimpin Program Program Pemerintah untuk Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM), akan mendampingi Presiden dalam upacara khusus yang menandai 2,5 tahun dilaksanakannya GNRM.

 

Menurut Menko Puan Maharani, PKN ini bertujuan untuk lebih jauh memasyarakatkan GNRM, agar lebih menyatu dalam keseharian hidup manusia Indonesia, sekaligus menunjukkan dampak positif yang konkrit dan nyata. Karenanya, dalam acara PKN itu, Presiden akan memberikan penghargaan untuk 40 karya inovasi dalam pelayanan publik dari berbagai instansi pemerintah. ‘’Salah satu dampak yang kita inginkan dari Revolusi Mental adalah aparatur negara yang melayani urusan publik dengan lebih baik. Negara harus lebih melayani,’’ kata Menko Puan Maharani menandaskan.

 

Secara umum, menurut Menko Puan Maharani, Revolusi Mental  bertujuan untuk menggugah  spirit baru agar masyarakat lebih menghormati nilai-nilai integritas,  etos kerja, dan gotong royong. GNRM itu sendiri kemudian diarahkan pada tujuan Indonesia Melayani, Indonesia Mandiri, Indonesia Bersih, Indonesia Tertib dan Indonesia Bersatu. ‘’Inovasi pelayanan publik itu adalah bagian dari Gerakan Indonesia Melayani,’’ kata Puan Maharani pula.

 

Pekan Kerja Nyata Revolusi Mental (PKN RM) ini mengusung tema ‘’Membangun Karakter Bangsa Yang Kuat Untuk Mencapai Tujuan NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945’’. Perhelatan in dilengkapi pula dengan eksibisi Program-Program Revolusi Mental termasuk 40 Inovasi terbaik dalam Pelayanan Publik yang digelar di Kompleks Stadion Manahan, pameran foto Gerakan Nasional Revolusi Mental, Dialog Film bertema Kebangsaan dan pagelaran seni dan budaya. Ada pula Rembuk Nasional dan Workshop tentang Indonesia Melayani, Indonesia Mandiri, Indonesia Bersih, yang digelar untuk mengevaluasi Gerakan Revolusi Mental dan menjaring masukan bagi pengembangan ke depan.

 

Acara PKN RM itu sendiri digelar secara gotong royong di antara 6 Kementerian (Kemenko PMK, Kemenko Perekonomian,  Kemenko Polhukam,  Kemenko Kemaritiman,  Kementerian Dalam Negeri,  Kementerian PAN dan RB), serta Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Pemerintah Kota Solo.

 

*********************

Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan

roinfohumas@kemenkopmk.go.id

www.kemenkopmk.go.id

Twitter@kemenkopmk

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on PinterestShare on LinkedIn