Terapkan Filosofi Beribadah

  • 23 Dec
  • bidang ikp
  • No Comments

Ambarawa – Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Dr Ir Sri Puryono KS MP kembali mengingatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungannya agar mampu memenej kinerja dengan mengingat filosofi beribadah. Bagi pemeluk agama Islam, bisa mengingat filosofi salatnya.

“Filosofi salat itu kan ada imam dan makmum. Dan orang salat itu pasti berwudhu. Jadi, ┬ákalau kita mau kerja itu juga harus dengan niat yang bersih. Tidak ada niat nggresula. Dan kalau imamnya keliru, saya keliru, Pak Asisten keliru, cara mengingatkannya pun juga ada. Ada aturannya,” Kata Sekda Sri Puryono dalam kegiatan Orientasi Wawasan Kebangsaan Di Yonkav – 2/ Tank Turangga Cetha, Ambarawa, Jumat (22/12).

Apabila menerapkan filosofi beribadah dalam bekerja, menurutnya, akan lebih nyaman. Tidak akan ada “eker-ekeran” dan tidak ada yang saling mengadu karena ketidakpuasan pada suatu hal.

“Pada saat salat itu kan imamnya di depan. Kadang senggolan antara makmum dan imam, ataupun antar makmum. Kepala senggolan dengan kaki. Walaupun saat salat, itu nek bar saka masjid, ora ana sing padha dendam,” tuturnya.

Ketika bekerja, tak dipungkiri kadang-kadang ada senggolan atau gesekan. Namun, Puryono berpendapat, itu persoalan yang lumrah. Penyelesaiannya, semua ASN mesti berpegang untuk mencapai visi mewujudkan Jawa Tengah Sejahtera dan Berdikari (Mboten Ngapusi Mboten Korupsi). Dengan kesamaan misi, gesekan yang terjadi dalam proses mencapai misi, akan mereda dengan sendirinya.

Sebelumnya, Sekda Sri Puryono menghadiri pengajian Refleksi Akhir Tahun di Kantor Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (BPPD) Provinsi Jawa Tengah. Kepala BPPD Ihwan Sudrajat melaporkan, penerimaan pendapatan dari Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) yang ditargetkan sekitar Rp 3,7 triliun, berhasil tercapai Rp 3,9 triliun atau 105 persen.

Pihaknya pun merasa sangat bersyukur, target itu akhirnya tercapai. Sebab, beberapa hari sebelumnya sempat belum menyentuh pada angka target. Tapi berkat kerja keras jajarannya yang memberikan layanan selama tujuh hari dalam sepekan, disertai dengan doa, target pun akhirnya terlampaui.

“Surplus (PKB) kita sudah Rp 290 miliar sampai malam ini,” ujarnya bahagia.

Sekda Sri Puryono pun mengapresiasi kinerja segenap jajaran ASN BPPD Jawa Tengah. Hasil yang dicapai menunjukkan mereka sudah bekerja dengan luar biasa. Pencapaian itu diminta sekda untuk disyukuri. Salah satu bentuknya adalah dengan memperbanyak amalan ibadah, seperti bersedekah.

 

Penulis: Rt, Humas Jateng

Editor : Ul, Diskominfo Jateng

Foto : Humas Jateng

Berita Terkait