Tak Sekadar Awasi, Tapi Juga Membimbing

  • 06 Jun
  • bidang ikp
  • No Comments

Semarang – Besarnya dana desa yang digulirkan pemerintah kepada desa, selain disambut gembira oleh masyarakat, ternyata juga diiringi kekhawatiran. Masyarakat was-was dana itu tidak digunakan sebagaimana mestinya, tapi justru diselewengkan.

Kekhawatiran itu seperti yang diungkapkan Zaenal Arifin, warga Jepara. Saat Dialog Plt Gubernur Menyapa, Selasa (5/6), dia meminta agar penggunaan dana desa diawasi langsung dari pemerintah.

“Dana desa saya mohon diawasi di desa-desa karena kayanya belum transparan. Belum maksimal. Kalau bisa, tim monitoring langsung ke bawah,” pinta dia kepada Plt Gubernur Jawa Tengah Drs H Heru Sudjatmoko MSi.

Menanggapi kekhawatiran tersebut, Heru menyampaikan perlunya penguatan organisasi pemerintahan di tingkat bawah. Mulai dari kecamatan, desa, bahkan juga pemberdayaan di tingkat RT/ RW. Diakui, pekerjaan rumah tersebut tidak mudah. Namun, kepala daerah sebenarnya tetap bisa mengambil inisiatif. Dan itu, sudah diterapkan di beberapa daerah di Jawa Tengah.

“Kalau pemerintahan di kecamatan diperkuat, operasionalnya juga didukung, maka pemerintah di kecamatan bisa menjadi pendamping desa yang permanen. Tidak sekadar mengawasi, tapi juga membimbing memfasilitasi membantu dan seterusnya,” urainya, saat siaran dari Studio Mini Kantor Gubernur Jawa Tengah.

Heru menambahkan, sebenarnya pemerintah berharap, seluruh masyarakat desa, terutama yang berpendidikan tinggi dapat meningkatkan partisipasi dalam pembangunan desa. Sehingga, apabila ada rembukan/ dialog, tidak sebatas di lingkup kecil kantor desa yang terlibat. Tapi juga seluruh kalangan masyarakat desa, seperti tokoh – tokoh masyarakat.

“Kalau dari kecamatan juga membimbing, tentunya bisa ditingkatkan. Dengan demikian, kontrolnya tidak hanya dari atasan (pemerintahan yang lebih tinggi), tapi juga dari masyarakat. Warga juga teredukasi. Nantinya tidak hanya sekadar mengawasi¬†tapi juga berpartisipasi, membantu mendukung,” pungkasnya.

 

Penulis : Rt, Humas Jateng

Editor : Ul, Diskominfo Jateng

 

 

 

Berita Terkait