Tak Cukup Hanya Inovasi dan Kreasi

  • 30 Mar
  • bidang ikp
  • No Comments

Semarang – Digital teknologi beperan penting dalam segala sendi kehidupan saat ini. Apalagi, dalam dunia marketing. Melalui digital marketing, tak jarang banyak ide kreatif yang muncul dan menjadi strategi dalam mem-branding produk.
“Kuncinya sekarang, kalau ingin maju, kuasai teknologi, kuasai informasi supaya kita bisa menjangkau ke mana-mana. Dan dari IT tadi, akan muncul inovasi dan kreasi,” tutur Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Dr Ir Sri Puryono KS MP saat memberikan sambutan dalam acara Indonesia Marketeers Festival di Hotel Aston, Kamis (28/3).
Kemampuan berkreasi dan berinovasi itu, lanjut dia, wajib diimbangi pula dengan kemampuan melakukan sosialisasi. Sebab jika tidak, kreasi dan inovasi yang bertujuan menjadi strategi pemasaran tersebut, akan menjadi sia-sia.
“Seorang marketer harus jagoan ngomong. Harus pintar berinovasi, berkreasi dan pandai menyosialisasikan. Berinovasi, berkreasi, kalau tidak disosialisasikan, akhirnya hanya untuk diri sendiri,” tandas dia.
Founder & Chaian MarkPlus, Inc Hermawan Kertajaya menambahkan, saat ini era pemasaran perlu mengolaborasikan antara online dan offline, atau dia menyebutnya dengan omnichannel. Keduanya mesti berjalan beriringan. Teknologi mesti bisa mempererat hubungan pertemanan dan persaudaraan. Sehingga dapat pula mbantu mengembangkan bisnis.
“Teknologi yang seperti dikatakan Pak Sekda, makin hebat. Tapi sebaliknya, paradoksnya, ketika teknologi makin hebat, orang kekeringan hubungan antarmanusia. Teknologi mestinya dipakai untuk mempererat perkawanan. Karena orang tidak akan puas dilayani dengan suara bagus jika hanya dengan mesin. Teknologi harus dipakai. Jangan ditolak. Tapi kalau dipakai untuk jahat, benci, ya itu awalnya kita hancur,” katanya.
Penulis : Rt, Humas Jateng
Editor : Ul, Diskominfo Jateng
Foto : Humas Jateng

Berita Terkait