Panglima TNI Terima Gelar Doktor Honoris Causa

  • 20 Sep
  • bidang ikp
  • No Comments

SURAKARTA – Universitas Sebelas Maret (UNS) memberikan gelar Doktor Honoris Causa kepada Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto SIP, Jumat (20/9/2019). Gelar kehormatan tersebut diberikan karena Hadi mempunyai kontribusi besar di bidang Sumber Daya Manusia, terutama pendidikan dan kesehatan yang terkait dengan pertahanan negara.

Penganugerahan Doktor Honoris Causa diberikan dalam Sidang Senat Terbuka di UNS. Rektor UNS, Jamal Wiwoho mengatakan, gelar honoris causa diberikan setelah melalui kajian yang dilakukan senat, yang menunjuk tim pengkaji untuk memelajari CV dan track record serta naskah dari panglima TNI.

“Kami juga membentuk badan promotor yang anggotanya lima orang, termasuk saya, dalam pemberian gelar ini,” ujarnya.

Salah satu yang menguatkan Panglima TNI Hadi Tjahjanto menerima gelar Doktor Kehormatan adalah konsepnya dalam menjaga pertahanan negara, yang tidak hanya menggunakan senjata. Tetapi dilakukan pula dengan memberdayakan sektor pendidikan, ekonomi, dan kesehatan, khususnya di wilayah perbatasan.

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sri Puryono KS yang turut hadir dalam Sidang Senat Terbuka berpandangan, pemberian gelar Doktor Honoris Causa kepada Panglima TNI adalah tepat. Sebab, Panglima TNI Hadi Tjahjanto memang punya perhatian dan keahlian disitu. Salah satunya diwujudkan dengan keberadaan SMA Pradita Dirgantara di Boyolali, yang merupakan kerja sama antara Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNS dengan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU).

“SMA Pradita Dirgantara adalah SMA yang unggul, yang betul-betul diperuntukkan bagi siswa-siswi berintelejensi tinggi, yang punya ketrampilan lebih dari yang lain. Itu salah satu embrio pencetakan sumberdaya manusia yang unggul,” jelasnya.¬†(Humas Jateng)

 

Berita Terkait