Menuju Normal Baru, Ini Kata Kadinkes Jateng

  • 03 Jun
  • bidang ikp
  • No Comments

SEMARANG – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah terus mempersiapkan diri menuju tatanan normal baru menghadapi Covid-19. Namun, ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi untuk menuju normal baru.
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Yulianto Prabowo mengungkapkan, untuk tatanan normal baru, harus memenuhi tiga kriteria.
“Pertama, kita harus bisa mengendalikan epidemologi dengan baik. Salah satu ukurannya adalah Ro dan Rt kita di bawah 1, menunjukkan bahwa dua minggu terakhir tidak ada penambahan atau kasus baru Covid-19,” ujar Yulianto di kantornya, Rabu (3/6/2020).
Ia menambahkan, kriteria kedua adalah kematangan sistem kesehatan. Meliputi fasilitas kesehatan, baik puskesmas maupun rumah sakit.
“Ketersediaan tempat tidur, ketersediaan ruang isolasi, ventilator, dan SDM, itu indikator penting dalam rangka menuju new normal,” lanjut Yulianto.
Menurutnya, fasilitas kesehatan di Jawa Tengah, sudah cukup baik dan mampu dalam menangani kasus Covid-19. Untuk kriteria yang ketiga,.melakukan surveilans dengan baik. Saat ini, pihaknya sudah meminta kabupaten/ kota untuk tracing dan melakukan tes sebanyak-banyaknya. Setidaknya untuk 1 juta orang penduduk, dilakukan tes pada sekitar 3.500 orang.
“Surveilans kita saat ini sudah baik. Kabupaten/kota sudah kita minta untuk tracing dan tes sebanyak-banyaknya. Tes di sini yang dimaksud adalah PCR, bukan rapid test. Karena rapid test itu bukan diagnosa,” imbuhnya.
Ia menyebutkan bahwa di Jawa Tengah telah banyak rumah sakit yang mampu melakukan tes PCR.
“Rumah sakit yang mampu melakukan pemeriksaan PCR dan rumah sakit yang bisa TCM, di Jateng semakin banyak. Bulan lalu kapasitas pemeriksaan kita baru sekitar 700 lebih, tapi sekarang sudah 1.500 per hari,” tuturnya.
Bahkan, Yulianto memastikan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah siap memback up kabupaten/kota dalam rangka meningkatkan tracing dan tes. Namun, untuk memasuki new normal, tak hanya diperlukan kesiapan dari pemerintah. Kedisiplinan warga mutlak dibutuhkan. Mereka dituntut bisa menerapkan protokol kesehatan menghadapi Covid-19. (Wk/Ul, Diskominfo Jateng)

Berita Terkait