May Day di Temanggung, Bagikan 3 Sapi

  • 01 May
  • Prov Jateng
  • No Comments

Temanggung – “Pesta” bagi para buruh dalam rangka Hari Buruh Internasional atau May Day juga berlangsung di Kabupaten Temanggung. Buruh, pemerintah daerah dan buruh berbaur bersama mengikuti senam dan jalan sehat. ¬†Acara yang diikuti kurang lebih 4.500 buruh itu digelar di Alun-alun Kabupaten Temanggung, Senin (1/5).¬†

Wakil Gubernur Jawa Tengah Drs H Heru Sudjatmoko MSi yang hadir dalam peringatan May Day tersebut meminta pengusaha dan buruh terus menciptakan suasana kondusif dan membangun kebersamaan agar perekonomian di Jawa Tengah, khususnya Kabupaten Temanggung dapat terus tumbuh. Sehingga akan memberikan keuntungan tidak hanya bagi pengusaha dan buruh namun juga bagi warga masyarakat.

“Ekonomi kita tumbuh kalau kita bareng-bareng dan menyadari satu dengan yang lain harus bekerja sama, tidak bisa tidak,” katanya.

Menurut Heru, keberadaan pengusaha dan buruh sama-sama dibutuhkan untuk pertumbuhan ekonomi dan menyejahterakan rakyat. Keberadaan pengusaha diperlukan untuk memperluas lapangan kerja yang dapat digunakan masyarakat dalam mendapatkan penghasilan. Sehingga jika industri tidak berkembang dan banyak pabrik tutup maka tidak hanya pengusaha yang rugi. Buruh-buruh juga akan rugi karena tidak dapat bekerja.

“Sebaliknya keberadaan para buruh, para pekerja mutlak adanya. Kita tidak bisa memroduksi apa-apa meski ada pabrik kalau pekerjanya tidak ada. Maka kita harus bersama-sama semua,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, mantan Bupati Purbalingga ini juga menegaskan buruh harus mendapatkan upah layak yang dapat mensejahterakan hidupnya dan keluarganya. Buruh yang tidak mendapatkan upah layak akan memengaruhi produktivitasnya sehingga produksi pabrik akan rendah dan pengusaha akan merugi.

“Pemerintah provinsi dan kabupaten tentu tidak mengharapkan upah buruh serendah-rendahnya supaya kompetitif. Itu salah. Buruh yang tidak mendapatkan upah layak, dia akan semakin lemah, tidak sehat, tidak produktif dan perusahaan juga rugi,” tegasnya.

Dalam acara itu Pemerintah Kabupaten Temanggung dan Apindo setempat memberikan doorprize berupa tiga ekor sapi bagi para buruh. Dua ekor saapi sumbangan dari Apindo dan satu ekor sapi dari Pemerintah setempat.

Bupati Temanggung Mulyadi Bambang Sukarno mengatakan doorprize berupa sapi tersebut dapat dipergunakan oleh para buruh untuk menambah penghasilan mereka dengan dipelihara atau dijual kembali.

Doorprize sapi ini silahkan dibawa pulang. Boleh dipelihara atau dijual,” ucapnya.

 

Reporter : Kh, Humas Jateng

Editor : Ul, Diskominfo Jateng

Berita Terkait