Kerawanan Pilkada Jateng Kategori Sedang

  • 14 Dec
  • bidang ikp
  • No Comments

Tegal – Pada 2018 nanti, sebanyak 17 provinsi dari 34 provinsi di Indonesia akan menyelenggarakan pemilihan gubernur. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI pun merilis Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) Pilkada 2018 pada akhir November lalu.

Wakil Gubernur Jawa Tengah Drs H Heru Sudjatmoko MSi menyampaikan, berdasarkan alat ukur dari dimensi penyelenggaraan, kontestasi, serta partisipasi, ┬átingkat kerawanan di Jateng termasuk sedang. Sedangkan yang tertinggi adalah Papua. Suasana aman dan damai di Jawa Tengah pada saat pilkada, menurut Heru, salah satunya karena “sumbangan” dari pondok pesantren.

“Suasana yang adem ayem itu, salah satunya sumbangan dari keberadaan ponpes. Para kiai dan santri. Maturnuwun. Saya berharap, Jateng nanti tetap aman, siapapun pemimpinnya,” kata Heru saat bersilaturrahmi di Ponpes Mislakhul Muta’Allimin, Selasa (13/12)

Di samping memberikan sumbangsih berupa suasana damai, lanjutnya, ponpes juga berjasa dalam mendidik para santrinya menjadi generasi penerus bangsa yang ber-akhlaqul karimah dan berjiwa nasionalisme. Heru berpendapat, penanaman jiwa nasionalisme sangat penting untuk menjaga kelangsungan NKRI.

“Generasi bangsa kalau tidak dididik dengan baik, tidak menanamkan nasionalisme, akan berbahaya bagi kelestarian negara,” tandasnya

 

Penulis : Rt, Humas Jateng

Editor : Ul, Diskominfo Jateng

 

Berita Terkait