Humas Diminta Tak Antikritik

  • 09 Oct
  • bidang ikp
  • No Comments

Semarang – Peran Hubungan Masyarakat (Humas) dalam pemerintahan saat ini sangat penting. Humas harus menjadi bagian pemerintah dalam menyampaikan informasi dan program-program yang telah dibuat pemerintah kepada masyarakat.

“Saya ingin peran Humas dapat optimal dalam menyampaikan dan mengkomunikasikan program kerja pemerintah kepada masyarakat. Namun, cara penyampaiannya juga harus diperhatikan dan sesuai dengan era generasi millenial saat ini,” kata Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo SH MIP saat memberikan arahan di hadapan para Kabag Humas dari berbagai kabupaten/ kota di Jawa Tengah, dalam acara Rembug Kehumasan di Lantai I Grhadhika Bhakti Praja, Selasa (9/10).

Menurut Ganjar, tidak saatnya lagi Humas memberikan informasi dengan bahasa yang kaku. Sebab saat ini, masyarakat kurang senang dengan penyampaian informasi dengan cara-cara kaku.

“Bahasanya ya jangan kaku-kaku. Yang diksinya baguslah, kalimatnya bagus, kalau perlu dengan audio visual,” tambahnya.

Penyampaian humas dalam merespon berbagai persoalan dari masyarakat, menurut Ganjar, juga harus cepat. Humas pemerintahan saat ini pun dituntut lebih mengoptimalkan penggunaan teknologi informasi yang terus berkembang.

“Pubik saat ini sudah menggunakan teknologi informasi, jadi birokrasi juga harus memanfaatkan hal itu. Kalau tidak ya ditinggal,” tegasnya.

Mantan anggota DPR RI ini juga meminta humas tidak antikritik. Menurutnya, sudah menjadi hal yang wajar jika ada banyak kritik dari masyarakat di era saat ini.

“Jangan antikritik. Kritik itu menyehatkan, itu untuk memperbaiki. Jadi semua harus ditanggapi dengan baik. Namun, masyarakat juga kalau mengkritik jangan asal-asalan, tidak boleh maki-maki, menyebarkan hoaks dan sebagainya,” tambah dia.

Sementara itu, Kabag Humas Kabupaten Karanganyar Yuli Astuti mengapresiasi penyelenggaraan acara tesebut. Dia siap melaksanakan instruksi Gubernur terkait penyampaian informasi kepada masyarakat.

“Apa yang menjadi kehendak bapak gubernur akan kami laksanakan. Bagaimana menyampaikan informasi kepada masyarakat dengan kalimat yang santun, mengikuti gaya kaum millenial dan sebagainya,” kata dia.

Menurutnya, selama ini Humas Karanganyar sudah berjalan baik. Beberapa media sosial yang digunakan untuk menyampaikan informasi kepada publik juga sudah berjalan bagus.

“Respon masyarakat khususnya generasi millenial juga sudah baik, kami juga selalu berusaha menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada dengan cepat,” tutupnya. (Prov Jateng)

Berita Terkait