Hargai Perjuangan dengan Cara Konkret

  • 22 May
  • Prov Jateng
  • No Comments

 

Ambarawa – Mata Martiah, janda veteran berusia 70 tahun, berkaca-kaca ketika Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo SH MIP menyambangi rumahnya di Perum RCVI RT 05 RW 01 Desa Baran, Kecamatan Ambarawa pada Senin (22/5). Istri almarhum Suhir itu segera mempersilakan Ganjar dan rombongan untuk melihat kondisi rumahnya yang semula lapuk kini menjadi lebih cantik usai direnovasi menggunakan bantuan dana sosial Bank Jateng.

Beberapa waktu lalu, kondisi rumah bertipe 21 itu masih tampak memrihatinkan. Hampir seluruh plesteran dinding lapuk dan kusam. Kusennya keropos. Plafon rusak. Ubin lantai pun pecah dan berlumut. Usai direnovasi, rumah mungilnya itu kini semakin cantik.

Bagi Martiah, meski sederhana, rumah tersebut menyimpan kenangan berharga tentang keluarganya. Di rumah itu, Martiah dan mendiang suami merawat anak semata wayangnya. Kini, sang anak telah berkeluarga dan tinggal di Tambakboyo. Martiah akhirnya tinggal sendiri di rumahnya. Meski begitu, dia tidak lantas menggantungkan hidup pada anaknya yang bekerja sebagai buruh pabrik. Perempuan berusia senja itu memilih bekerja sebagai pemulung untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Kula perombeng. Saben dinten sadeyan lawasan,” ungkapnya.

Berulangkali, Martiah menyampaikan ucapan terima kasih kepada orang nomor satu di Jawa Tengah itu karena telah mendukung renovasi rumahnya.

Kula seneng sanget omah niko dados omah sing apik. Alhamdulillah berkah,” ujarnya dengan senyum mengembang.

Selain Martiah, Soejono Hadiwiyono, veteran pejuang berusia 91 tahun yang tinggal di Kelurahan Panjang, Kecamatan Ambarawa juga memeroleh bantuan dana sosial dari Bank Jateng untuk merenovasi rumahnya.

Seperti halnya rumah Martiah, rumah Soejono semula plesteran dindingnya lapuk dan kusam, kusen-kusen keropos, plafon rusak, dan kondisi kamar mandi sangat memrihatinkan. Usai renovasi, rumah sederhana Soedjono tampak semakin cantik. Di rumah itu, Soedjono tinggal bersama sang istri. Sementara keempat anaknya tinggal bersama keluarga masing-masing di luar Ambarawa.

Menurut Gubernur Ganjar Pranowo, bantuan dana sosial untuk renovasi rumah veteran merupakan salah satu wujud nyata penghormatan terhadap jasa-jasa mereka ketika memperjuangkan kemerdekaan RI.

“Kita mencoba untuk menghargai dengan cara yang lebih konkret. Yang ibu tadi (Ibu Martiah) bapaknya veteran yang cacat dan sudah meninggal, maka kita menghormati keluarganya. Satunya lagi veteran umurnya sudah 91 tahun. Kita memberikan perhatian, meskipun kita sadar persis tidak sebanding dengan perjuangan ┬ámereka pada saat itu,” ujar alumnus UGM itu.

 

Penulis : Ar, Humas Jateng

Editor : Ul, Diskominfo Jateng

Berita Terkait