Forum OSIS Jateng Siap Laksanakan Program Kekinian

  • 11 Jul
  • bidang ikp
  • No Comments

Semarang – Forum Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) Jateng, siap menyusun dan melaksanakan berbagai program bertema anak muda kekinian. Yakni program yang mampu memotivasi generasi muda bangsa yang kreatif, inovatif, serta megobarkan semangat untuk bersatu dan maju.

“Forum OSIS Jateng juga siap membantu menyosialisasikan berbagai program pemerintah. Seperti, menggelorakan nasionalisme, gerakan antinarkoba, antihoaks, antipornografi dan hal-hal buruk lain yang berpotensi merusak generasi bangsa,” ujar Ketua Forum OSIS Jateng Sofan Mujahid saat silaturahmi dengan Gubernur Jateng H Ganjar Pranowo SH MIP di rumah dinas gubernur Puri Gedeh, Semarang, Selasa (10/7) petang.

Sofan yang datang bersama puluhan ketua atau perwakilan pengurus OSIS se-Jateng itu menjelaskan, kepengurusan organisasi pelajar yang sudah terbentuk sejak 2015 ini, telah ada di tingkat provinsi hingga 35 kabupaten/ kota se-Jateng. Forum OSIS Jateng pun siap membantu pemerintah mengajak masyarakat menjunjung tinggi kejujuran, berani melawan korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN), cinta tanah air, menyayangi orangtua dan keluarga, serta menghormati guru.

Siswa kelas XII IPS 1 SMA IT Nur Hidayah Sukoharjo tersebut mengatakan, berbagai progam telah diselenggarakan oleh organisasi pelajar tingkat SMA/SMK. Di antaranya pelatihan kepemimpinan untuk ketua OSIS dengan tujuan mempersiapkan calon-calon pemimpin dari Jateng, untuk Indonesia Emas 2045, yakni Indonesia yang unggul, maju bersaing dengan bangsa-bangsa lain.

Selain itu, lanjut dia, dalam rangka menyukseskan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2018 di Jateng, Forum OSIS bekerja sama dengan KPU Jateng telah menyosialisasikannya kepada pemilih pemula. Kegiatan tersebut berlangsung lancar dan mampu memberikan manfaat bagi masyarakat, terutama para pemilih pemula.

Gubernur Jateng H Ganjar Pranowo SH MIP dalam arahannya menyambut baik serta mendukung berbagai program yang akan diselenggarakan Forum OSIS Jateng. Khususnya program yang memotivasi generasi muda untuk membangun bangsa dan menyebarkan kebaikan kepada semua.

Menurutnya, banyak hal atau program yang dapat dilakukan Forum OSIS dalam  berbagai kesempatan. Misalnya pada peringatan Hari Anti Narkoba, semua anggota bisa memposting kalimat-kaimat bertema bahaya akibat mengkonsumsi narkoba melalui media sosial, mengajak anak-anak muda tidak menyebarkan ujaran kebencian, permusuhan apalagi tawuran.

“Aksi kecil atau sepele tersebut merupakan salah satu gerakan menyelamatkan generasi bangsa dari bahaya narkoba dan berbagai bentuk kekerasan. Saya juga ingin ada aksi atau program yang khas anak usia sekolah tapi bermanfaat untuk semua, sekaligus mampu memberikan solusi terhadap persoalan-persoalan yang banyak dihadapi anak muda,” pintanya.

Dalam kesempatan tersebut, gubernur juga menawarkan program “Sehari Bersama Gubernur”. Para siswa, termasuk Forum OSIS yang tersebar di Jateng, secara bergilir berkesempatan mengikuti berbagai tugas atau kegiatan gubernur selama satu hari. Baik ketika bertugas di lingkungan kantor gubernur maupun saat kunjungan kerja ke berbagai daerah di Jateng.

“Kalau ada demonstrasi di halaman Gubernuran, para siswa bisa tahu melihat dan mengetahui apa yang menjadi tuntutan pendemo, berdialog dengan tamu dari negara tetangga, mengetahui gubernur sidak, bahkan ikut gubernur kunjungan kerja ke daerah-daerah,” bebernya.

 

Penulis : Mn, Humas Jateng

Editor : Ul, Diskominfo Jateng

Foto : Humas Jateng

 

Berita Terkait