Dialog Korpri, Pengamat : Pelayanan ASN Jateng kepada Masyarakat Kian Baik

  • 29 Nov
  • bidang ikp
  • No Comments

DEMAK – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah berupaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Di antaranya, mengikuti perkembangan digital dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.
Sekretaris Daerah Jateng Sumarno menegaskan, di era digitalisasi seperti sekarang, ASN harus mampu mengikuti perkembangan digital. Bahkan, itu menjadi keharusan demi pelayanan yang maksimal.
“ASN era digital, ASNĀ  tentu saja harus ngikuti perkembangan digital. Kalau enggak ikut mengikuti, kita akan ketinggalan karena kita, layanan-layanan semuanya sudah eranya digital,” kata Sumarno, seusai mengikuti Dialog Publik “Korpri Profesional Melayani”, di Stasiun TVRI Jawa Tengah, Pucanggading, Kabupaten Demak, Senin (29/11/2022)
Menurutnya, pelayanan masyarakat yang dilakukan jajarannya sudah menuju digitalisasi. Terbukti, sejumlah pelayanan Pemprov Jateng telah menggunakan berbagai aplikasi, yang bisa diunduh pada telepon pintar masyarakat.
Dalam kesempatan itu, Sumarno mengingatkan, ASN itu adalah abdi masyarakat. Dengan demikian, mereka harus menyadari keberadaan mereka merupakan amanah, sehingga dituntut meningkatkan segala hal untuk melayani masyarakat dengan baik.
“Kalau kinerja, kita selalu mengingatkan bahwa ini menjadi kewajiban. Menjadi ASN kan amanah. Kita mengingatkan, itu harus dijalankan, itu jadi spirit kepada teman-teman ASN,” ujarnya.
Pengamat Kebijakan Publik, Dr Kismartini mengatakan, saat ini pelayanan ASN Jateng kepada masyarakat kian membaik. Hal itu karena komitmen dari pimpinan, serta kebijakan yang mengatur tentang ASN. Sehingga, gerak dan langkah ASN itu menyesuaikan dengan tuntutan yang ada.
“Terkait dengan edukasi, inovasi, banyak dilakukan di Pemprov Jateng. Banyak inovasi terkait IT, digital untuk berbagai layanan publik. Namun kekurangannya adalah adanya gap yang terjadi di masyarakat. Masyarakat sendiri, ada yang memang belum terlalu mengenal IT. Ada hal tertentu mereka tertinggal. Itu patut diperhatikan pemerintah,” kata Kismartini.
Oleh karena itu, tugas pemerintah memang mendekatkan kebutuhan masyarakat dan apa yang diinginkan, supaya masyarakat bisa terlayani. Termasuk dalam transparansi pelayanan ke masyarakat. Sehingga, tercipta pelayanan kepada masyarakat yang lebih baik. (Ak/Ul, Diskominfo Jateng)

Berita Terkait