Bangunan Bangus, Diharap Dukung Kesembuhan Pasien

  • 23 Nov
  • bidang ikp
  • No Comments

Rembang РPemerintah Kabupaten Rembang terus menggenjot pembangunan puskesmas di berbagai daerah. Hal itu dilakukan guna memajukan layanan serta mendekatkan akses pelayanan kesehatan kepada masyarakat. 

“Tadi pak bupati menyampaikan kepada saya, untuk bantuan keuangan di tahun 2018, dua saja konsentrasinya, yaitu pembangunan jalan dan puskesmas,” ujar Gubernur Jateng H Ganjar Pranowo SH MIP saat memberi sambutan pada peresmian Puskesmas Sluke, Rabu (22/11).

Pembangunan Puskesmas Sluke dengan sumber dana dari APBD Provinsi Jateng sebesar Rp 5,88 miliar itu, diharapkan semakin memajukan fasilitas dan mempermudah akses layanan kesehatan dari pemerintah kepada masyarakat.

Ia menambahkan, bangunan yang berdiri di atas lahan seluas 0,5 hektare itu, berada tepat di pinggir jalur pantura dan masuk titik rawan kecelakaan lalu lintas. Sehingga diharapkan dapat memberikan pelayanan cepat terhadap para korban kecelakaan. Apalagi Puskesmas Sluke juga terdapat fasilitas UGD, rawat inap, rawat jalan, serta unit persalinan.

“Anggaran pembangunan puskesmas ini Rp 5,8 M, ternyata prejengannya bagus. Kalau orang sakit datang terus lihat bangunannya bagus maka kemudian biasanya percaya diri terus mari (sembuh),” guraunya.

Dalam kesempatan tersebut, mantan anggota DPR RI itu mengingatkan kepada seluruh masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan, khususnya di bagian hulu atau dimulai dari diri sendiri. Antara lain melalui gerakan hidup bersih sehat, seperti kebiasaan mencuci tangan dengan sabun, mandi, menggosok gigi, dan buang air besar di jamban atau tidak di sembarang tempat.

Tidak kalah penting adalah menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal. Terlebih saat ini musim penghujan dan penularan demam berdarah dapat mengancam siapapun, maka program 3M harus digalakkan. Mengubur barang-barang bekas yang berpotensi menjadi sarang nyamuk, menutup penampungan air, serta menguras kolam dan bak mandi mandi.

“Hal-hal kecil ini dilakukan maka paling tidak dapat menghindarkan kita dari sakit. Saya doakan puskesmas ini sepi. Artinya, kalau puskesmas sepi dari orang sakit, ¬†masyarakatnya sehat dan tidak ada yang sakit,” harapnya.

 

Penulis : Mn, Humas Jateng

Editor : Ul, Diskominfo Jateng

Foto : Humas Jateng

Berita Terkait