Balkondes Borobudur Ditarget Beroperasi Tahun Depan

  • 18 Sep
  • Prov Jateng
  • No Comments

Magelang – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menargetkan sejumlah Balai Ekonomi Desa (Balkondes) di kawasan wisata Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, bisa beroperasi penuh pada 12 bulan ke depan.

“Secara fisik enam sampai tujuhbulan ke depan selesai. Namun yang saya inginkan juga kesiapan masyarakat sekitar, sehingga target 12 bulan semuanya selesai termasuk kesiapan masyarakat,” kata Rini di sela kunjungan Presiden RI Joko Widodo di Balkondes Omah Guyub Desa Wringinputih, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Senin (18/9).

Presiden Joko Widodo yang datang ke Balkondes Wringinputih didampingi Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo SH MIP, Bupati Magelang Zaenal Arifin, Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono, serta sejumlah pejabat kementerian dan Forkopimda berkeliling melihat kondisi bangunan serta berbagai fasilitas yang ada di Balkondes tersebut.

Daiam rangkaian kunjungan kerja di Kabupaten Magelang itu, Jokowi berkesempatan mengunjungi beberapa stand yang memraktikan proses pembuatan, sekaligus memamerkan beragam produk kerajinan karya warga sekitar yang dikelola perusahaan milik negara itu. Antara lain kerajinan batik tulis khas Magelang, gerabah, ukir batu, serta aneka kuliner. Presiden pun menyempatkan untuk menyapa warganya.

Bentuk bangunan Balkondes Wringunputih unik dan etnik karena semua rangka bangunan berbahan bambu dan beratap jerami. Fasilitas yang disediakan Balkondes binaan Pertamina tersebut meliputi, ruang pendapa, homestay atau pondok hunian sebanyak 20 unit, musalla, toilet, dapur, gazebo, taman, serta ruang terbuka untuk bersantai.

Selain fasilitas Balkondes,  tidak kalah penting adalah pelayanan bagus dan penyajian kuliner yang baik. Oleh karena itu Balkondes dibangun bertahap karena sekaligus menyiapkan masyarakat di desa, serta memberikan pemahaman kepada masyarakat bagaimana mengelola homestay dengan baik.

Menurut Rini, dari belasan Balkondes di kawadan Candi Borobudur, yang paling siap dari sisi homestay adalah Balkondes Wringinputih. Namun demikian Bakoldes di Desa Wanurejo juga tidak kalah menarik wisatawan karena menawarkan pemandangan sunset atau keindahan matahari tenggelam dari lereng pegunungan.

“Semangat masyarakat ¬†yang paling utama. Mereka menyadari ada hal-hal yang perlu diperbaiki dan disiapkan itu, sehingga kami di BUMN sangat senang,” imbuhnya.

Rini menjelaskan, Balkondes merupakan salah satu program Kementerian BUMN untuk meningkatkan jumlah wisatawan, mengangkat perekonomian suatu daerah, serta pemberdayaan dan pengembangan SDM yang berbasis wisata. Khusus di kawasan Candi Borobudur, 18 BUMN mulai mengembangkan Balkondes antara lain Balkondes PT Telkom Indonesia Tbk di Desa Tuksongo, PT Bank BTN di Desa Karanganyar, PT Bank BNI di Desa Wanurejo, PT Hutama Karya di Desa Kebon Sari, PT Bank BRI di Desa Tanjung Sari, PT Pertamina di Desa Wringin Putih, PT Semen Indonesia di Desa Candirejo.

Konsep pengembangan Balkondes digarap bersinergi dengan BUMN Pariwisata. Yaitu PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (Persero), PT Hotel Indonesia Natour (HIN) Persero, maupun dengan PT Patrajasa, anak usaha Pertamina yang menjadi manajemen Balkondes.

Usai meninjau Balkondes Wringinputih, orang nomor satu di Indonesia itu seperti biasa, membagikan buku tulis kepada ratusan siswa sekolah dasar yang menyambut kedatangan presiden di sekitar Balkondes.

 

Penulis : Mn, Humas Jateng

Editor : Ul, Diskominfo Jateng

 

Berita Terkait