515 Pramuka Garuda Banyumas Dilantik, Atikoh : Perjuangan Hebat dan Keras

  • 02 Feb
  • bidang ikp
  • No Comments

BANYUMAS – Sebanyak 515 orang Pramuka Garuda se-Kabupaten Banyumas dilantik oleh Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Banyumas Achmad Husein, di GOR Satria Purwokerto, Rabu (2/2/2022). Mereka terdiri dari 303 Pramuka Siaga, 193 Pramuka Penggalang, 11 Pramuka Penegak, dan delapan Pramuka Pandega.
Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Tengah Atikoh Ganjar Pranowo, mengapresiasi pelantikan tersebut. Menurutnya, Pramuka Garuda merupakan tahapan tertinggi dalam setiap tingkatan, yang tidak mudah dicapai.
“Pasti ada cerita di belakangnya, karena untuk mencapai Pramuka Garuda tidak mudah. Ada perjuangan yang luar biasa hebat dan luar biasa keras. Disiplin dan terus berusaha. Lihat saja TKU (tanda kecakapan umum) dan TKK (tanda kecakapan khusus) yang banyak, itu bukti perjuangan luar biasa,” bebernya, saat memberikan pengarahan seusai pelantikan.
Atikoh menyampaikan terima kasih atas pendampingan dan motivasi orang tua. Tanpa dukungan orang tua, mereka tidak dapat mencapai predikat tersebut.
Dia juga menyampaikan apresiasi para pembina yang telah melantik, membimbing, dan mendidik Pramuka di Banyumas. Apalagi, kabupaten tersebut menjadi yang terbanyak mencetak Pramuka Garuda di Jawa Tengah.
“Semoga adik-adik Pramuka Garuda ini bisa menjadi teladan dan memotivasi yang lainnya, agar bisa berprestasi. Apalagi, Jawa Tengah menargetkan mencetak 50 ribu Pramuka Garuda sampai 2023. Sekarang hampir 18 ribu orang,” ujar Atikoh.
Ketua Mabicab Banyumas Achmad Husein berharap Pramuka Garuda bisa menjadi teladan bagi semua. Mereka diharap selalu siap, setia, dan sedia.
Sementara itu, Fidela, siswa kelas V SD Pasirmuncang, menyatakan senang dilantik menjadi Pramuka Garuda Siaga. Untuk mencapai predikat itu, dia berlatih keras, terutama beberapa bulan terakhir, di mana hampir tiap hari dia berlatih.
Hal senada juga disampaikan Putri Fajar Maharani, siswa SMAN 1 Sumpyuh. Apalagi, untuk mencapai prestasi tertinggi itu, dia berlatih keras lebih dari tiga bulan.
“Senang banget, ini perjuangan luar biasa, mengorbankan waktu bermain, istirahat, dan lainnya. Semoga ke depan saya masih bisa menjadi lebih baik lagi, terus mengikuti kegiatan Pramuka,” katanya, yang sudah mengikuti Pramuka sejak SD.
Seusai pelantikan Pramuka Garuda, juga dilakukan Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus Mabicab dan Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Banyumas Masa Bakti 2021-2026. (Ul, Diskominfo Jateng)

Berita Terkait