2018, Penerima PKH Jateng Tambah 460 Ribu

  • 09 Oct
  • Prov Jateng
  • No Comments

Semarang – Presiden RI Ir H Joko Widodo, Senin (9/10), mendistribusikan Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan memberikan kartu Program Keluarga Harapan (PKH) secara simbolis di SMAN 1 Semarang. KIP yang disalurkan untuk pelajar yatim sebanyak 1.500 kartu. Sedangkan kartu PKH diterimakan kepada 999 keluarga.

Saat memberikan laporan kepada Presiden Joko Widodo,  Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa menyampaikan, jumlah pelajar yatim yang mendapatkan KIP terdiri dari 554 pelajar SD, 452 siswa SMP, 95 siswa SMA, dan 44 siswa SMK. Sedangkan jumlah siswa kejar paket A, B, dan C yang mendapat KIP sebanyak 355 orang.

Untuk PKH di Jawa Tengah, saat ini merupakan pencairan periode ketiga. Warga yang mendapatkan adalah warga Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Kabupaten Kendal, Kabupaten Grobogan dan Kabupaten Demak.

Lebih lanjut Khofifah membeberkan, pada 2018, Presiden memberikan arahan untuk menambah jumlah penerima PKH. Total tambahan di seluruh Indonesia sebanyak 4 juta penerima PKH baru. Dari alokasi tersebut, Jawa Tengah akan menerima tambahan sebanyak 460 ribu orang dan Kota Semarang 4.700 orang.

“Mendapat tambahan bukan berarti yang miskin di Jawa Tengah bertambah. Tapi, Presiden ingin memberi tambahan perlindungan sosial bagi seluruh warga negara Indonesia, termasuk Jawa Tengah,” jelasnya.

Dengan adanya tambahan penerima PKH, anggaran bantuan sosial untuk Jawa Tengah juga meningkat. Pada tahun depan, anggaran bantuan sosial Jawa Tengah menjadi Rp 6,2 triliun, dari sebelumnya Rp 5,3 triliun.

Presiden Joko Widodo menekankan, kartu PKH dan KIP yang diterima wajib dimanfaatkan sesuai tujuannya. Dana KIP digunakan untuk memenuhi kebutuhan sekolah, seperti tas, sepatu dan buku. Sementara PKH digunakan untuk keperluan peningkatan gizi keluarga.

“KIP hanya digunakan untuk keperluan sekokah. Jangan sampai untuk membeli rokok, (kalau ketahuan) kartunya dicabut. Ada yang untuk beli pulsa, hati-hati anak-anak, kartunya dicabut, ” tandasnya.

 

Penulis : Rt, Humas Jateng

Editor : Ul, Diskominfo Jateng

Foto : Humas Jateng

Berita Terkait