Kunjungi Nias, Ganjar Diberi Hadiah Tutuhao dan Buku

  • 26 Sep
  • bidang ikp
  • No Comments

PULAU NIAS – Ada cerita menarik saat Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berkunjung ke Pulau Nias, Sumatera Utara, Senin (26/9/2022). Ia diberi hadiah alat musik Tutuhao dan sebuah buku yang mengulas tentang Pulau Nias.

Pagi itu, Ganjar yang berolahraga pagi berkeliling ke tempat-tempat bersejarah, sambil menyapa warga setempat. Di antaranya Menara Mensu, rumah adat, serta Museum Nias di Gunung Sitoli.

Di museum, orang nomor satu di Jawa Tengah itu melihat koleksi tentang masyarakat Nias. Bahkan, ia berkesempatan memainkan Tutuhao, alat musik khas Nias yang terbuat dari bambu.

Sekira 20 menit memelajari sejarah Nias di museum, Ganjar diberi hadiah alat musik Tutuhao dan buku yang diserahkan langsung oleh Direktur Museum Nias, Nata’alui Duha.

“Alat musik yang sangat menarik, dan ternyata entah kenapa mereka membuat karya yang cukup bagus ini, Tutuhao. Jadi, alat musik pukul menghasilkan tiga suara ternyata. Ada suara gong, gendang, canang. ternyata ini dari bambu,” ujar Ganjar.

Bagi Ganjar, adanya Tutuhao menjadi penanda bahwa nenek moyang, terutama di Pulau Nias memiliki science of art yang tinggi di bidang musik.

“Rupanya nenek moyang kita, khususnya yang di Nias itu punya science of art yang sangat tinggi, terutama dalam seni musik ya,” paparnya.

Selain Tutuhao, Ganjar juga mendapat buku tentang sejarah masyarakat Nias.

“Dan ada satu buku lagi tentang asal usul masyarakat Nias. Yang menulis seorang Pastur, dan sekaligus pendiri museum. Ternyata bisa menceritakan banyak hal tentang Nias,” ucapnya.

Ditambahkan, komplek museum terdapat sejumlah artefak sejarah Nias. Mulai dari patung, tawo batu, rumah adat, baju perang dan sisa tsunami. Selain itu, ada penginapan berdesain rumah adat setempat.

Ada rumah adat jadi guest house yang semua orang bisa nginep, itu keren banget. Orang bisa belajar konstruksinya, belajar sirkulasi udaranya, kenyamanannya, termasuk keamanannya. Tadi saya tanya kenapa di bawah dikasih batu, ternyata buat keseimbangan bangunan. Bayangkan ilmu arsitektur kita tidak kalah. Jadi, ayo ke Nias,” tandasnya. (Wk/Ul, Diskominfo Jateng)

 

Berita Terkait