Pohon Tahu Balas Budi

  • 28 Jan
  • yandip prov jateng
  • No Comments

Wakil Gubernur Jawa Tengah H. Taj Yasin Maemoen bersama masyarakat Kabupaten Rembang menanam ribuan pohon di embung Banyukuwung Desa Sudo Kecamatan Sulang Kabupaten Rembang dalam kegiatan Bhakti Penghijauan Swadaya Kabupaten Rembang Tahun 2020.¬†Dengan¬† tema ” Bumi Hijau Gumelar Udara Segar “, selasa (28/1).

Pohon yang ditanam terdiri dari berbagai jenis pohon seperti sengon, tabebuya, bambu, ketapang, sirsat, nangka, beringin dan pucuk merah, cemara, jambu biji, matoa dan lain lain.

Gus yasin saat memberikan sambutan mengatakan pohon itu juga tahu balas budi, kalau menanamnya asal asalan, tidak disirami, tidak dirawat, maka hasilnya juga akan biasa-biasa saja. Lain halnya jika dalam menanam kedalaman tanah di perhitungkan, diberi ajer atau telajak, rabuk dan air di siapkan dan intinya dirawat dengan baik Insyaalloh akarnya akan cepat mencengkram tanah dan pohon akan tumbuh dengan baik dan subur. Akan sangat bagus lagi kalau disiapkan lubang resapan air sehingga mempercepat pertumbuhan pohon tersebut. Insyaalloh kedepan pohon pohon tersebut akan memberi manfaat bagi umat manusia, setidaknya dapat mencegah longsor dan bajir, serta menambah oksigen untuk kehidupan dan kesehatan manusia. Selain itu dimasa mendatang dapat dibetik hasilnya baik berupa buah maupun batangnya.

Wagub berharap penanaman ini juga. berdaya guna mendukung peningkatan Indeks kualitas Lingkungan Hidup (IKLH) yang terdiri dari indeks Kualitas Udara (IKU), Indeks Kualitas Air (IKhA) dan Tutupan Lahan.

“Ayuk, kita lakukan penanaman pohon untuk menjaga keseimbangan dan kelestarian alam. Maka Sak Uwang Selawe Uwit (SUSU), hendaknya jangan dilupakan, sebagai upaya memberi daya dukung alam yang ijo royo-royo, dan terhindar dari bencana.” ajaknya.

Wagub menambahkan Tahun 2018, skala IKLH Rembang tercatat 58,88 % dari target 54,15%.

Usai melakukan penanaman pohon Gus yasin dan rombongan melanjutkan kegiatan di TPI Tasikagung Rembang. (Kontributor Humas Rembang)

Berita Terkait