Pati Percepat Digitalisasi Daerah

  • 21 Apr
  • yandip prov jateng
  • No Comments

PATI – Digitalisasi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pati diharapkan semakin baik. Sehingga, dapat memberikan kemudahan bagi OPD pelaksana dalam menatausahakan penerimaan dan pengeluaran daerah.

Hal itu disampaikan Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jawa Tengah Andry Prasmuko pada pengukuhan Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) di Pendapa Kabupaten Pati, Selasa (20/4/2021). Disampaikan, selain memberikan kemudahan bagi pemerintah, percepatan digitalisasi juga memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam melakukan pembayaran pajak maupun retribusi.

“Percepatan digitalisasi di Kabupaten Pati ini dalam rangka untuk mewujudkan tata kelola yang akuntabel, transparan, efektif dan efisien,” jelasnya.‚Äč

Bupati Pati Haryanto mengungkapkan, transaksi secara nontunai di Kabupaten Pati telah dilakukan cukup lama, yakni lebih dari dua tahun. Transaksi yang dilakukan sudah mencakup pendapatan maupun pengeluaran.

“Berbagai upaya semacam ini telah dilakukan bukan untuk mempersulit, melainkan untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat maupun OPD, kaitannya dalam melakukan transaksi keuangan,” terang bupati.

Menurutnya, dengan transaksi nontunai, dapat mengurangi kebocoran, sehingga dapat mengurangi dan mencegah penyimpangan, khususnya keuangan.

Terlebih di tengah pandemi, lanjut bupati, transaksi nontunai menjadi sangat efektif dalam mencegah penyebaran Covid-19.

Penulis: Tim Media Center Diskominfo Kab Pati
Editor: Di, Diskominfo Jateng

Berita Terkait