Kebumen Buka Seleksi Jabatan Sekretaris Daerah

  • 04 Oct
  • yandip prov jateng
  • No Comments

KEBUMEN – Pemerintah Kabupaten Kebumen membuka seleksi jabatan pimpinan tinggi pratama Sekretaris Daerah (Sekda). Pendaftaran dibuka pada 3-17 Oktober 2023. Hasil akhirnya akan ditetapkan pada November 2023.

Bupati Kebumen Arif Sugiyanto, menyatakan seleksi bersifat terbuka, sehingga siapapun yang memenuhi syarat bisa mendaftarkan diri sebagai calon Sekda Kebumen. Pemkab Kebumen juga telah membentuk Panitia Seleksi untuk menyaring PNS yang memiliki kemampuan dan kapasitas untuk menduduki jabatan Sekda.

 

“Jadi, siapapun di sini yang memenuhi syarat boleh  mendaftarkan diri. Seluruh proses seleksi tidak dikenakan biaya atau pungutan dalam bentuk apapun,” kata Bupati Arif dalam keterangannya, Rabu (4/10/2023).

 

Beberapa syarat yang diajukan, imbuhnya, antara lain pendidikin paling rendah Sarjana atau Diploma IV, pangkat atau golongan ruang minimal Pembina Tingkat I (IV/b), berpengalaman dalam bidang jabatan yang akan diduduki miminal lima tahun, serta sedang atau pernah menduduki Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (setara eselon II/b).

 

Selain itu, memiliki rekam jejak jabatan, integritas, dan moralitas yang baik. Lalu, calon pendaftar berusia paling tinggi 58 tahun. Calon pendaftar diutamakan telah mengikuti dan memiliki sertifikat Diklat Kepemimpinan Tingkat II, atau Pelatihan Kepemimpinan Nasional bagi pejabat struktural, atau sertifikat diklat fungsional sesuai dengan jenjang jabatannya bagi pejabat fungsional. Pendaftar tidak pernah menjalani hukuman atau sedang menjalani hukuman, serta sehat rohani dan jasmani.

 

Lebih lanjut, berdasarkan Peraturan Menpan-RB Nomor 15 Tahun 2019 tentang Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi secara Terbuka dan Kompetitif di Lingkungan Instansi Pemerintah, pejabat Administrator atau Pejabat Fungsional Tingkat Ahli Madya bisa mendaftar sebagai Pejabat Tinggi Pratama Sekda.

 

“Syaratnya, ia sedang atau pernah menduduki jabatan Administrator atau JF Ahli Madya minimal dua tahun, dan usia maksimal 56 tahun.

 

Arif menuturkan, PNS yang berminat untuk mengikuti seleksi diharapkan untuk
mengajukan surat lamaran secara tertulis dan bermaterai Rp10.000, telah menyerahkan LHKPN (bukti penyerahan laporan ke KPK) dan SPT Tahunan tahun 2022.

 

Disebutkan, setelah tahapan pendaftaran dilanjutkan dengan seleksi administrasi dan penelusuran rekam jejak (11–18 Oktober 2023), pengumuman hasil seleksi administrasi dan penelusuran rekam jejak (20 Oktober 2023), dan seleksi kompetensi manajerial dan sosial kultural/asesmen (23–24 Oktober 2023).

 

Tahapan selanjutnya, ujar bupati adalah seleksi kompetensi (30 Oktober 2023.)
yang terdiri dari penulisan makalah, presentasi, dan wawancara, lalu wawancara akhir (31 Oktober sampai 1 November 2023), penetapan hasil seleksi akhir (1 November 2023), dan penyerahan hasil tiga besar kepada PPK (2 November 2023).

 

“Untuk lebih lengkapnya segala informasi mengenai seleksi pendaftaran jabatan pimpinan tinggi pratama untuk sekretaris daerah, (calon pendaftar) bisa membukanya di https://kepegawaian.kebumenkab.go.id/index.php/web/post/186/pengumuman-seleksi-terbuka-jpt-pratama-sekretaris-daerah-kabupaten-kebumen.

 

 

Penulis: Dp, Kominfo Kebumen
Editor; Tn, Diskominfo Jateng

Berita Terkait