HARI PERTAMA KERJA, SEKDA SIDAK PELAYANAN OPD DI KOTA MAGELANG

  • 04 Jul
  • dev_yandip prov jateng
  • No Comments

MAGELANG-Pasca libur dan cuti bersama lebaran 2017, Pemerintah Kota Magelang menggelar inspeksi mendadak ( Sidak ) ke beberapa Organisasi Perangkat Daerah  (OPD). Sidak dilakukan pada hari pertama masuk kerja setelah liburan hari Raya Idul Fitri yang dipimpin langsung Sekda Kota Magelang, Sugiharto Senin (3/07/2017). Dalam sidak ini turut mendampingi Kepala Inspektorat, Kepala BKPP, para Asisten Sekda, para Staf Ahli dan beberapa pejabat pemkot lainnya.

“Sidak ini ditujukan ke beberapa OPD yang langsung berkaitan dengan pelayanan kepada masyarakat. Hal ini untuk memastikan bahwa pelayanan kepada masyarakat kembali berjalan normal dan lancar setelah libur lebaran,”kata Sugiharto.

 Ia pun menjelaskan bahwa sidak ini juga untuk mengetahui di lapangan tingkat kehadiran para pegawai dalam bekerja sesuai bidang tugas masing-masing,”kata Sugiharto.

“Sidak ini dilakukan sebagai mekanisme pengawasan kedisiplinan para pegawai di lingkungan Pemkot Magelang,”kata Sugiharto

OPD yang menjadi tujuan sidak yaitu Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, DPMPTSP, Puskesmas Magelang Utara, Kelurahan Tidar Selatan dan Kecamataan Magelang Selatan.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa OPD yang langsung bersentuhan dengan pelayanan masyarakat untuk segera kembali memberikan yang baik dan prima kepada masyarakat.

“Jangan sampai masyarakat menunggu lama untuk dilayani hanya karena alasan habis libur lebaran, “kata Sugiharto.

Menurut Sugiharto indikator pelayanan kita sudah baik dan diakui oleh masyarakat  antara lain makin banyak masyarakat yang datang ke Kota Magelang untuk mendapatkan pelayanan.

Saat melakukan sidak di salah satu Puskesmas, Sugiharto mendapati ada pasien yang ternyata berasal dari luar wilayah yang memilih berobat di Puskesmas di Kota Magelang.

Hal ini menunjukkan bahwa pelayanan di kota Magelang cukup diakui oleh masyarakat luas.

“Harus terus ditingkatkan dan dipertahankan image pelayanan yang sudah baik ini,”katanya.

Sugiharto pun berpesan agar OPD terus meningkatkan pelayanan yang prima kepada masyarakat. Pelayanan yang menjadi tanggung jawab OPD harus ditingkatkan kualitasnya, sarana dan prasarana yang ada pun harus dipelihara dengan baik demi kenyamaman dalam memberikan layanan kepada masyarakat. Masyarakat semakin cerdas dan kritis terhadap kinerja pemerintah.

Ia pun juga mengingatkan kepada seluruh ASN untuk terus meningkatkan kinerjanya. Saat ini kesejahteraan pegawai pun semakin jauh meningkat sehingga wajar masyarakat menuntut kita untuk bekerja lebih baik.

Sugiharto juga mengapresiasi tingkat kehadiran para pegawai di beberapa OPD yang dikunjungi.  Dari hasil pantauan di lapangan dan sidak yang dilakukan oleh BKPP , para pegawai di OPD tersebut berdasarkan absensi yang ada hadir semua.

“Ini menunjukkan semakin tingginya kesadaran pegawai akan tugas dan tanggung jawabnya, “kata Sugiharto. Dari tahun ke tahun semakin baik kinerja pegawai yang ada. Ia pun mengatakan meski tidak bisa memantu seluruh pegawai yang ada namun apabila ditemukan pegawai yang mangkir kerja akan diproses sesuai dengan PP No 53 Tahun  2010 tentang Disiplin Pegawai. (Ris/Humas)

 

Berita Terkait