Hadapi Dinamika Pasar, Pelaku IKM dan UKM Diharap Selalu Asah Kepekaan

  • 23 Jun
  • yandip prov jateng
  • No Comments

SALATIGA – Penjabat (Pj) Wali Kota Salatiga Sinoeng N Rachmadi mengajak pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) dan Usaha Kecil Menengah (UKM), untuk terus adaptif dan menangkap peluang baru dalam meningkatkan kualitas dan pelayanan dari usaha yang digelutinya.

Hal itu disampaikan seusai membuka Workshop Percepatan Akses Keuangan Daerah bagi Usaha Kecil dalam mengakselerasi pemulihan ekonomi daerah, di Aula Kaloka, Gedung Setda, Selasa (21/6/2022). Dia menceritakan pengalamannya saat bertemu dengan sejumlah pelaku UKM.

“Saya bertemu dengan srikandi-srikandinya IKM dan UKM di Salatiga yang mempunyai kreasi dan kreativitas. Salah satunya adalah Bu Tarsiwin yang mempunyai produk olahan yakni pepes ikan mas duri lunak dan abon ikan mas, dari PPL Swadaya Olahan Ikan Minarejeki. Setelah saya cicipi, rasanya enak, lembut dan _mak legender_,” kata Sinoeng.

Menurutnya, produk semacam itu harus terus dikembangkan. Para pelaku IKM dan UKM lain juga harus bisa mendorong untuk terus berkreasi dengan ide-ide yang segar.

“Ibu ini selalu mendukung gerakan makan ikan, karena di dalam ikan proteinnya memadai dan menunjang kecerdasan anak. Dorong anak untuk gemar makan ikan. Dari ikan kita akan mencerdaskan anak-anak kita. Jangan lupa kalau pergi, produknya agar bisa dibawa agar bisa dikenal dan dibeli oleh para pelanggan baru,” jelasnya.

Sinoeng meminta, eksistensi IKM dan UKM harus terus tingkatkan. Melalui kegiatan workshop tersebut, diharapkan bisa muncul ide dan kreativitas pelaku IMK dan UMKM untuk meningkatkan mutu produksinya.

“Mengasah kepekaan kita terhadap dinamika pasar, seperti apa, untuk beradaptasi, menangkap peluang, konsultatif, sehingga akan muncul ide atau gagasan dalam meningkatkan mutu dan pelayanan IKM atau UKM yang kita tekuni nantinya,” tambah Sinoeng.

Ditambahkan, jika berbagai upaya sudah dilakukan baik itu memperbaiki produk, kemasannya, pemasaran, dan pelayanannya, maka IKM dan UKM tersebut bisa menjaga pelanggan dengan baik.

“Kalau semua pelayanan dan produk sudah kita sajikan, dan sudah kita berikan dengan baik, maka langkah selanjutnya yang tidak kalah penting adalah merawat pelanggan,” pungkasnya.

Penulis: Rudy
Editor: WH/Ul, DiskominfoJtg

Berita Terkait