AKREDITASI BUKAN LOMBA

  • 02 Oct
  • dev_yandip prov jateng
  • No Comments

BREBES-Ketua Tim Surveior Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Puskesmas Kementerian Kesehatan RI dr Soenoe Joewana MMR menegaskan bahwa Akreditasi bukan ajang perlombaan. Tetapi upaya peningkatan mutu lembaga dan kinergi pegawai yang bersangkutan. Untuk itu, tidak perlu dibuat-buat dalam menampilkan instrument penilaian dan piranti lainnya.

“Kalau memang sudah berjalan kegiatan dan kelengkapannya, tidak masalah kapanpun dilakukan akreditasi,” tutur Soenoe di sela Survey Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Puskesmas di Aula Dnas Kesehatan Brebes, Minggu (1/10) malam.

Soenoe berharap, lewat akreditasi dapat meningkatkan mutu pelayanan kesehatan pasien, meningkatkan pemberdayaan lembaga dan meningkatkan kinerja pegawai di puskesmas. Disini, adakah tingkat kesesuaian puskesmas yang diakreditasi dengan standar penilaian akreditasi yang telah ditetapkan kementerian.

“Kami tegaskan, agar Puskesmas bisa kembali khitah yakni dengan peningkatan derajhat kesehatan masyarakat,” tegasnya.

Menurut Soenoe, Tim akan menilai tentang Administrasi Managemen, Upaya Kesehatan Masyarakat dan Upaya Kesehatan Perorangan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes Sri Gunadi Parwoko menambahkan, ada tujuh puskesmas yang bakal di akreditasi. Yakni Puskesmas Cikakak, Brebes, Bumiayu, Jatibarang, Sirampog, Kecipir dan Larangan.

“Target kami, hingga akhir 2019 seluruh puskesmas se Kabupaten Brebes yang berjumlah 38 Puskesmas bisa rampung terakreditasi,” tuturnya.

Sri Gunadi berharap, seluruh puskesmas bisa terakreditasi karena menjadi tuntutan masyarakat akan pentingnya pusat kesehatan yang memiliki kredibilitas dan profesionalisme yang pelayanannya. Sehingga derajat kesehatan masyarakat bisa terus meningkat.

Wakil Bupati Brebes Narjo SH yang menerima Tim surveior mengaku bangga dan berterima kasih kepada Tim karena sudah menginjakan bumi Brebes yang penuh bawang dan telor asin. Narjo memperkenalkan letak geografis Brebes yang sangat luas juga jumlah penduduk yang terbanyak se Jawa Tengh.

Dengan jumlah penduduk dan luasan wilayah tersebut, tentu bidang kesehatan menjadi tuntutan yang harus diselesaikan bersama. Agar pelayanannya maksimal, perlu pembinaan dan bimbingan dari Tim Akreditasi sehingga Puskesmas di Brebes makin baik.

Dengan pelayanan kesehatan yang prima, lanjutnya, tentu masyarakat akan terlayani dengan baik pula. Pemkab Brebes terus berusaha maksimal meningkatkan mutu Puskesmas dengan berbagai program unggulan.

Bahkan Puskesmas Brebes telah dinobatkan pula sebagai Puskesmas Ramah Anak yang telah mendapatkan penghargaan dari Kementerian.  (wasdiun).

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on PinterestShare on LinkedIn

Berita Terkait