Harapkan Wifi Gratis Hingga Desa/Kelurahan

  • 01 Apr
  • yandip prov jateng
  • No Comments

UNGARAN – Pemanfaatan internet berbasis wireless fidelity (wifi) gratis, diharapkan sampai ke tingkat desa dan kelurahan.

Hal itu disampaikan Bupati Semarang Ngesti Nugraha dalam menanggapi paparan program kerja Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) di ruang rapat bupati, Kamis (1/4/2021). Menurutnya, pemanfaatan teknologi informasi mutlak diperlukan agar usaha ekonomi dan kegiatan sosial warga mampu bersaing di era global.

Selain itu, lanjut bupati, kemajuan teknologi informasi juga dapat digunakan mengembangkan kegiatan ekonomi produktif warga melalui badan usaha milik desa (Bumdes) dan pengembangan usaha serupa di kelurahan.

“Internet diperlukan juga untuk mengembangkan potensi desa wisata agar perekonomian warga berjalan di masa pandemi ini,” katanya.

Bupati juga menyoroti, perlunya jalinan komunikasi pembangunan secara intensif dengan warga. Caranya, dengan menyediakan aplikasi khusus pengaduan masyarakat tentang kegiatan pemerintahan dan pembangunan.

Lewat aplikasi terpusat itu, lanjut Ngesti, akan dapat ditanggapi keluhan dan aspirasi warga secara cepat dan tepat.

Selain itu, bupati meminta Diskominfo untuk menghandling akun media sosial miliknya sebagai sarana komunikasi interaktif dengan warga.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Diskominfo Kabupaten Semarang Alexander Gunawan menyampaikan, berbagai program kerja disusun sebagai langkah menuju Kabupaten Semarang yang informatif.

“Termasuk merencanakan jaringan internet yang mampu menjangkau wilayah desa untuk memperluas akses masyarakat,” terangnya.

Penulis: Junaedi, Diskominfo Kab Semarang
Editor: Di, Diskominfo Jateng

Berita Terkait