Semen Gresik Salurkan CSR Rp1,5 M untuk 5 Desa

  • 23 Feb
  • yandip prov jateng
  • No Comments

REMBANG –​ Pihak PT Semen Gresik Pabrik Rembang menyalurkan dana corporate social responsibility (CSR) sebesar Rp1,5 miliar kepada desa-desa sekitar pabrik semen. Yakni, empat desa di Kabupaten Rembang, yakni Desa Kadiwono, Kajar, Timbrangan, dan Tegaldowo. Selain itu, satu desa di Kabupaten Blora, yaitu Desa Ngampel juga menerima bantuan tersebut.

Kepala Unit Komunikasi dan CSR PT Semen Gresik Pabrik Rembang Dharma Sunyata menjelaskan, bantuan itu akan diwujudkan dalam bentuk percepatan pembangunan, berbasis partisipasi masyarakat dan padat karya, sepanjang 2021.


“Dalam pengalokasian bantuan dana ke desa sekitar perusahaan, SG menentukan persentase alokasi anggaran yang dibagi pada tiga sektor, yaitu 70 persen untuk pembangunan infrastruktur, 20 persen untuk pemberdayaan masyarakat dan 10 persen untuk sosial budaya,” jelasnya pada kegiatan musyawarah bersama Forum Masyarakat Madani (FMM) di kantornya, Senin (22/2/2021).

Kepala Desa Tegaldowo Kundari menyampaikan, program harus disiapkan dengan matang, melalui rincian anggaran yang jelas. Ia mencontohkan pembangunan infrastruktur jalan cor beton dan pemberdayaan kelompok tani sebagai program unggulan di desanya.

“Sebelum mengajukkan program, kami telah melakukan musyawarah desa terlebih dahulu. Seperti program pembangunan infrastruktur, mana yang prioritas ditangani. Jalan cor yang kemarin RW 05, nanti diteruskan nyambung ke RW 06. Bikin tol desa mas. Untuk penerangan jalan ada 25 titik,” jelas Kundari.

Dijelaskan, program yang sudah berjalan sejak tahun lalu ini, dari sisi perencanaan didampingi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, sedangkan pengawasan melibatkan Inspektorat Kabupaten Rembang.


Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Rembang Sulistiyono, menyampaikan terima kasih atas kepedulian Semen Gresik di tengah situasi pandemi seperti sekarang. Di mana, masih memberikan perhatian kepada desa-desa di sekitar pabrik.

“Semoga upaya ini mendorong kesejahteraan dan perekonomian di desa,” tandasnya.​

​ ​
Penulis: Kontributor Kab Rembang
Editor: Di, Diskominfo Jateng

Berita Terkait