2022, Batang Punya Islamic Center

  • 09 Jul
  • yandip prov jateng
  • No Comments

BATANG – Impian masyarakat Kabupaten Batang untuk memiliki gedung Islamic Center sebagai pusat syiar agama Islam bakal terwujud pada 2022. Gedung Islamic Center akan menempati tanah seluas 1,8 hektare yang berlokasi di Desa Banyuputih, Kecamatan Banyuputih.

Hal itu disampaikan Bupati Batang, Wihaji, saat ditemui di Kantornya, Selasa (7/72020). Menurutnya, dengan adanya gedung tersebut, para calon jemaah haji pun bisa melakukan kegiatan manasik haji.

“Anggaran pembangunan Islamic Center sebesar Rp43.5 miliar. Di tahun 2021 akan kita cicil pembangunannya sebesar Rp15 miliar, yang diharapkan pada tahun 2022 bisa digunakan untuk manasik haji,” kata Wihaji.

Ditambahkan, sebagai pusat syiar agama Islam di Batang, Islamic Center dilengkapi dengan ruang pertemuan, ruang untuk mendukung persiapan penyelenggaraan ibadah haji, kantor MUI, serta ruang untuk pendidikan agama.

“Untuk lebih meramaikan Islamic Center juga ada ruang kelas PAUD dan TPQ. Tidak hanya itu, untuk menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD), gedung pertemuan kita sewakan serta ruang untuk UMKM dapat menggeliatkan ekonomi masyarakat Batang,” beber Wihaji.

Menurut bupati, bangunan Islamic Center akan didesain dengan pola perpaduan budaya Batang dengan budaya Islam. Selain itu, ornamen tombak Abirawa yang merupakan senjata kebesaran pendiri Batang akan ditambahkan pada desain bangunan tersebut.

Penulis: Edo/MC Batang
Editor: Tn/Diskominfo Jateng

Berita Terkait