2020, Capaian Pajak Purworejo Rp261 Miliar

  • 25 Mar
  • yandip prov jateng
  • No Comments

PURWOREJO – Terhitung selama 2020, jumlah pajak yang diterima melalui Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kabupaten Purworejo mencapai Rp261 miliar atau sebesar 82 persen dari target. Di sisi lain, tingkat kepatuhan para Wajib Pajak untuk menyampaikan laporan SPT Tahunan mencapai 100 persen.

“Terima kasih kepada wajib pajak juga mitra KPP Pratama Purworejo yang selama ini telah bekerja sama sangat baik, sehingga tingkat kepatuhan di tahun 2020 kemarin lebih dari 100%. Dan kami mendapat penghargaan dari Menteri Keuangan Republik Indonesia,” kata Kepala KPP Pratama Purworejo Wiratmoko, pada acara Tax Gathering bersama Bupati Purworejo, di pendapa Kabupaten Purworejo, Selasa (23/3/2021).

Dijelaskan, capaian pajak pada 2020 tersebut memicu instansinya untuk menaikkan target capaian pajak pada 2021, yakni sebesar Rp309,1 miliar. Nilai tersebut naik 18,4 persen daripada target 2020. Menurutnya, capaian pajak tersebut menunjukkan kondisi keuangan Indonesia masih tergolong baik, walaupun mengalami kontraksi serta relaksasi akibat wabah pandemi.

“Itu semua berkat kontribusi dari semua wajib pajak,” ujar Wiratmoko.

Sementara itu, Wakil Bupati Purworejo, menjelaskan, salah satu penentu kelancaran pembangunan adalah ketersedian sumber pembiayaan. Sumber pembiayaan yang cukup dominan tersebut berasal dari penerimaan pajak.

“Di sisi lain juga ditentukan oleh seberapa besar kesadaran masyarakat dalam melaksanakan kewajibannya dalam membayar pajak,” tandasnya.

Lebih lanjut, seiring dengan peningkatan kesadaran masyarakat dalam membayar pajak, para aparatur pemerintah harus mengimbangi dengan memberikan pelayanan yang semakin baik kepada masyarakat. Antara lain, dengan pemanfaatan teknologi informasi dalam pelayanan perpajakan.

“Saya percaya, apabila masing-masing komponen dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab dengan sebaik-baiknya, maka semua persoalan bisa terselesaikan dengan baik,” bebernya.

Penulis: Rko, Kontributor Purworejo
Editor: Tn/Ul, Diskominfo Jateng

Berita Terkait