1005 SISWI REMAJA PUTRI MINUM TABLET TAMBAH DARAH

  • 03 Apr
  • dev_yandip prov jateng
  • No Comments

KOTA PEKALONGAN – Dalam rangka mencegah Anemia pada remaja putri Pemerintah Kota Pekalongan Melalui Dinas Kesehatan mencanangkan gerakan minum tablet tambah darah bagi Siswi SMP/SMA sederajat Se-Kota Pekalongan, Minggu (2/4) di Gedung Pusat Informasi Buaya Batik (PIBB).

Secara Simbolis Pencanangan dilakukan oleh Walikota Pekalongan H Achmad Alf Aslan Djunaid dengan Meminum tablet tambah darah bersama dengan Siswi Remaja Putri

Acara tersebut juga dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekalongan Suroso, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Pekalongan Hj Ratna Sofia, sedangkan sebagai Pemateri ibu Rita Utrajani dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekalongan Slamet Budiyanto menjelaskan Gerakan minum tablet tambah darah tersebut di ikuti 1005 siswi remaja putri SMP/SMA Sederajat se Kota Pekalongan dengan tujuan untuk mencegah dan menanggulangi kekurangan zat besi dan asam folat yang bisa memicu anemia bagi siswi remaja putri di Kota Pekalongan “ Gerakan minum tablet tambah darah  agar siswi tidak kekurangan darah atau anemia” katanya.

Di Kota Pekalongan menurut Slamet Budiyanto  Angka anemi kurang dari 20 persen sedangkan secara nasional diatas 25 persen namun demikian pihaknya terus berupaya agar siswi remaja putri tidak kekurangan darah dengan memberikan tablet tambah darah “ Selama 5 bulan kedepan kami berikan tablet tambah darah kepada siswi remaja putri”. Terangnya. Selain itu Siswi juga diharapkan mandiri minum tablet tambah darah ketika menstruasi minimal 1 kali sehari.

Sementara itu Walikota Pekalongan H Achmad Alf Arslan Djunaid menambahkan Anemi sering dialami oleh wanita karena makannya tidak teratur, kurang menu asupan zat besi, ditambah lagi setiap bulannya menstruasi sehingga untuk menambah zat besi remaja putri  diberikan tablet tambah darah “ apabila siswi anemi dampaknya tentu mengganggu aktivitas terutama disekolah” terangnya.

Walikota berharap dengan gerakan minum tablet tambah darah tersebut siswi remaja putri Kota Pekalongan sehat dan tidak terkena anemi. (Dinkominfo Kota Pekalongan)

 

Berita Terkait