Pandemi, Semangat Berpramuka Harus Tetap Berkobar

  • 30 Mar
  • bidang ikp
  • No Comments

BOYOLALI – Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Provinsi Jawa Tengah Atikoh Ganjar Pranowo melantik Pengurus Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Boyolali Masa Bakti 2020-2025, yang diketuai M Said Hidayat, di Ruang Merbabu Kantor Bupati Boyolali, Selasa (30/3/2021). Pelantikan secara langsung tersebut kali pertama dilakukan selama masa pandemi ini.
Ketua Kwarda Atikoh Ganjar Pranowo mengapresiasi penyelenggaraan pelantikan yang dilakukan dengan protokol kesehatan ketat, dengan pembatasan orang yang hadir. Bahkan, pelantikan Mabicab dan Kwarcab dilakukan di tempat terpisah.
Dalam kesempatan itu, Atikoh menekankan, meski di tengah Covid-19, semangat berpramuka harus tetap berkobar. Tentunya, dengan memperhatikan protokol kesehatan secara ketat, dan belum bisa berkegiatan seperti saat normal, dengan berkemah di bumi perkemahan maupun bermain di alam terbuka.
“Tapi semangat untuk memandu membentuk karakter, kecakapan, dan nasionalisme bagi adik-adik pramuka tidak boleh kendor. Untuk itu, pada 2021 ini kegiatan kepramukaan akan dikemas dan dikreasikan sesuai kondisi yang ada. Kegiatan yang harus dilakukan secara luring, akan dilakukan dengan protokol kesehatan ketat. Namun, yang memungkinkan daring, akan tetap dilaksanakan secara daring,” ujarnya.
Atikoh menunjuk contoh, kegitan Pesta Siaga se-Jawa Tengah yang masih diselenggarakan secara daring. Meski hanya berkemah di rumah, dia berharap tetap tumbuh semangat mandiri dan berbagi pada anak.
“Saya ingat waktu saya kecil, kemahnya pakai sarung. Habis itu kita berbagi makanan kepada tetangga. Ini melatih life skill anak. Life skill itu harus di-chalenge, tidak cukup dengan memberi fasilitas pada anak. Jangan terlalu memberi kemudahan pada anak karena itu justru bisa jadi ‘racun’,” beber Atikoh.
Dia mengapresiasi peran aktif pramuka selama pandemi Covid-19. Termasuk, Pramuka Peduli yang membantu penanganan bencana, pendataan, hingga terlibat aktif dalam Satgas Jogo Tonggo. Para anggota pramuka juga berinovasi, berkreasi, mengedukasi masyarakat agar disiplin menerapkan protokol kesehatan.
“Kepada Kakak Ketua Mabicab dan jajaran, jangan pernah ragu dan bimbang memberikan dorongan, bantuan, motovasi, dan fasilitasi kepada Kwarcab Boyolali dan Kwartir Ranting se-Boyolali. Karena tugas pokok Gerakan Pramuka ini in line dengan tugas pemerintah. Jadikan pramuk sebagai mitra pemerintah daerah dalam berbagai kegiatan yang memungkinkan keterlibatan pramuka,” tandas Atikoh. (Ul, Diskominfo Jateng)

Berita Terkait