Sekolah di Jateng Siap Sambut Pembelajaran Tatap Muka

  • 17 Mar
  • bidang ikp
  • No Comments

SALATIGA – Sekolah di Jawa Tengah siap menyambut pembelajaran tatap muka. Seperti yang dilakukan di sejumlah sekolah dari berbagai tingkatan di Kota Salatiga, Rabu (17/3/2021).
Di antara sekolah yang menyatakan kesiapannya menghadapi pembelajaran tatap muka adalah SMAN 2 Salatiga, SMKN 1 Salatiga, SMPN 6 Salatiga dan SDN Dukuh 01 Salatiga.
Kepala SMKN 1 Salatiga Sriyanto mengatakan, pihaknya telah melakukan persiapan menghadapi pembelajaran tatap muka. Seperti menyiapkan sarana dan prasarananya, hand sanitizer, pensterilan alat dan ruang praktik, hingga pengaturan jarak dan tempat duduk siswa.
“Menyiapkan Satgas Covid-19 tingkat sekolah. Jadi ada satgas yang memantau bagaimana anak, bagaimana guru, kepatuhannya terhadap protokol kesehatannya,” kata Sriyanto ditemui di SMKN 1 Salatiga Jalan Nakula Sadewa Salatiga.
Dia menambahkan, pihak sekolah juga memastikan kesiapan orang tua siswa berikut siswanya. Sehingga siswa tidak sembarangan mampir, serta tidak menggunakan alat transportasi umum saat berangkat atau pulang sekolah. Termasuk juga agar siswa bisa diantar orang tua ke sekolah menggunakan kendaraan pribadi.
Kaitannya dengan transportasi siswa, pihaknya juga tidak menutup kemungkinan bekerja sama dengan Dinas Perhubungan setempat untuk menyiapkan kendaraan ke sekolah.
“Yang perlu dijaga, tidak boleh mampir, bergerombol, terutama sesudah pulang sekolah,” tegasnya.
Pihaknya menyiapkan kurikulum terpadu, yakni ada pembelajaran yang tatap muka, atau juga belajar melalui daring. Pembelajaran daring tetap dilakukan, sehingga tidak melulu tatap muka.  Menurut dia, pembelajaran tatap muka akan dilakukan seefektif mungkin. Misalnya, sekolah tatap muka tidak perlu dilakukan seharian penuh dari pukul 07.00-15.00 WIB.
“Bisa mengurangi kerumunan dalam waktu relatif panjang,” ungkapnya.
Sriyanto juga meminta kerja sama semua pihak, termasuk orang tua dan masyarakat agar mendukung praktik pembelajaran tatap muka siswa.
“Agar tujuan tidak tertular Covid bisa tercapai,” imbuh dia.
Adapun kaitannya pembatasan siswa selama belajar tatap muka berlangsung, sekolah masih menunggu regulasi. Namun dia berharap, jumlah siswa hendaknya hanya 50 persen dari kapasitas kelas secara bergantian. Dengan total siswa saat ini 1.391 orang, terdapat 41 rombongan belajar (rombel).
SMKN 1 Salatiga juga berupaya keras mempertahankan diri sebagai sekolah dengan zona hijau. Setelah arahan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo untuk meningkatkan kedisiplinan para guru terhadap protokol kesehatan.
Siswa SMKN 1 Salatiga, Bunga Nuraziza menyambut baik rencana pembelajaran tatap muka. Mengingat jurusan sekolahnya yaitu kecantikan, membutuhkan praktik langsung.
“Bidang kita itu lebih ke ketrampilannya. Kita butuh praktik untuk menguasai materi,” kata Bunga ditemui tengah praktik di Laboratorium Kecantikan.
Kepala SMA N 2 Salatiga Muhammad Sahli mengatakan, menghadapi sekolah tatap muka, pihaknya menyiapkan Satgas Covid-19 dan protokol kesehatan. Pihaknya juga menyiapkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk penanganan antisipasi Covid-19.
“Prosedur, petugas, juga kita siapkan dengan sangat ketat, agar nanti pelaksanaan tatap muka berjalan sebagaimana yang direncanakan,” kata Sahli di sekolahnya.
Menurutnya, sekolah akan berupaya keras menghindari penyebaran Covid-19. Kaitannya dengan jumlah siswa per kelas, Sahli telah merencanakan pembatasan jumlah siswa di setiap kelas dengan model sif. Dari jumlah siswa 1.066 orang akan diambil kelas X. Dari 11 kelas yang ada diambil 50 persennya untuk dimasukkan di 11 kelas. Jadi, akan ada dua sif.
“Dengan 50 persen kapasitas kelas. Begitu kita akan sif setiap hari, dengan dua kali sif,” ujarnya.
Adapun pembagian sif per hari tiga sampai empat jam. Sehingga diperkirakan sif pertama pukul 07.00-11.00 WIB, dan sif dua mulai pukul 12.00-15.00 WIB,” imbuhnya.
Sekolah juga memaksimalkan 58 orang tenaga pendidik yang bertugas di 11 rombel tadi. Seluruh guru dan karyawan sekolah sebanyak 73 orang telah menjalani tes Covid-19.
“Semuanya dinyatakan negatif pada bulan Desember kemarin,” bebernya.
Sahli melanjutkan, rencana sekolah tatap muka juga telah mendapat persetujuan orang tua siswa sekitar 76 persen. Dalam waktu dekat, pihaknya juga akan melakukan polling lagi ke orang tua siswa untuk mengetahui data terbaru jumlah mereka yang setuju.
Mengenai teknis protokol kesehatan, terangnya, sekolah telah menyiapkan disenfektan di pintu masuk. Kemudian, sarana cuci tangan sekitar 30 tempat, alat pengukur suhu badan 10 unit yang akan dipakai setiap kali ada guru atau siswa masuk ke sekolah. Mereka juga akan diingatkan terus agar tidak berkerumun antarsiswa.
“Kita kawal mulai dari pintu gerbang ke kelas masing-masing dan kita awasi sampai dengan pulang,” terang dia.
Kepala Cabang Dinas (Cabdin) Pendidikan Wilayah V meliputi Kota Salatiga, Boyolali dan Klaten, Nasikin mengatakan pihaknya telah melakukan koordinasi dengan berbagai sekolah menghadapi pembelajaran tatap muka.
“Kalau di Cabdin ada 61 sekolah negeri dari SMA, SMK, maupun SLB,” kata Nasikin di SMKN 1 Salatiga.
Adapun di tiap kabupaten yang menjadi wilayahnya, pihaknya menyiapkan enam sekolah di masing-masing daerah lebih dulu. Sedangkan teknis pembelajaran tatap mukanya akan seperti apa, pihaknya menunggu arahan dari pusat.
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat meninjau sejumlah sekolah di Kota Salatiga, mengecek detail kesiapan sekolah dalam menggelar pembelajaran tatap muka.
“Kita mesti disiplin,” kata Ganjar saat pemantauan.
Dia meminta sekolah yang melakukan uji coba harus mendapat nilai sempurna atau 100 dari tim asesor.
“(Nilai) 99,9 tidak boleh. Fasilitasnya, prosedurnya,” tegas gubernur.
Ganjar menegaskan agar guru disiplin protokol kesehatan. Sebab bila tak disiplin maka Dinas Pendidikan akan mengontrol langsung, termasuk gubernur, hingga wali kota.
“Harapannya semua bisa pegang SOP-nya, protokolnya,” harap Ganjar. (Ak/Ul, Diskominfo Jateng)

Berita Terkait