Pandemi, Pramuka Jateng Tetap Aktif Berkegiatan

  • 10 Mar
  • bidang ikp
  • No Comments

SEMARANG – Ketua Kwartir Daerah Provinsi Jawa Tengah Atikoh Ganjar Pranowo memastikan semua program Pramuka di Jawa Tengah tetap terlaksana dengan baik, meski di tengah pandemi Covid-19. Hal itu disampaikan saat mengikuti Rapat Paripurna Andalan Nasional Gerakan Pramuka secara daring, Rabu (10/3/2021).

“Terkait dengan pandemi, kami tetap melaksanakan program, tetapi secara daring. Jadi harus tetap menjaga protokol kesehatan,” ujar Atikoh.

Ditambahkan, beberapa program yang telah dilaksanakan di antaranya pelatihan kewirausahaan, pelatihan pengembangan kepemimpinan, pertemuan pramuka siaga, serta Raimuna Pramuka Penegak dan Pandega.

“Untuk Raimuna Pramuka diikuti sekitar 560 peserta dan pertemuan pramuka siaga 700 peserta. Semuanya dilaksanakan secara daring, jadi tetap mengikuti protokol kesehatan,” paparnya.

Selain itu, pihaknya juga aktif melaksanakan kegiatan sosial untuk membantu para korban bencana alam maupun pandemi Covid-19, melalui Pramuka Peduli.

“Yang pertama kita ingin menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya atas bimbingan terutama di masa pandemi ini. Berterima kasih suport dan bimbingan Kakak Kwarnas, kemarin di Jateng banyak mendapatkan bantuan ketika ada bencana maupun pandemi. Semua bantuan sudah kami distribusikan melalui aksi Pramuka Peduli,” ungkap Atikoh.

Dalam kesempatan itu, dia menyampaikan beberapa usulan kepada Kwarnas, di antaranya perlunya pedoman latihan kepramukaan tingkat gugus depan di era adaptasi kebiasaan baru. Kwarnas diharapkan memberikan apresiasi kepada relawan-relawan pramuka peduli, yang telah melaksanakan aksi kepedulian pada masa pandemi.

“Kami mohon untuk bisa diterbitkan rancangan petunjuk penyelanggaraan satuan pramuka sehingga bisa menyesuaikan diri. Kemudian, sinkronisasi dan akselerasi dengan Kwarda se-Indonesia terkait dengan program capaian Pramuka Garuda. Dan, yang terakhir agar dberikan panduan terkait penilaian Kwartir Daerah tergiat,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Budi Waseso mengapresiasi program Kwarda Jawa Tengah yang dapat terlaksana meski di tengah pandemi.

“Pramuka Jateng dapat dirasakan masyarakat. Kondisi pandemi memang tidak berkegiatan tatap muka. Yang penting adalah program tetap jalan dengan cara yang berbeda, yakni daring dan menjaga protokol kesehatan,” tandasnya.  (Wk/Ul, Diskominfo Jateng)

 

Berita Terkait