Merawat Merah Putih Tidak Sembarangan

  • 17 Aug
  • Prov Jateng
  • No Comments

Semarang – Bendera Merah Putih merupakan simbol identitas jati diri bangsa yang mengandung filosofi sangat mendalam. Ingatlah bendera yang nanti dikibarkan karena perjuangan para pahlawan, perjuangan ikhlas hingga rela mati demi menjaga, membela, dan merebut dari tangan penjajah.

Pesan tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Jawa Tengah Dr Ir Sri Puryono KS MP saat membacakan sambutan tertulis Wakil Gubernur Jawa Tengah Drs Heru Sudjatmoko MSi saat penyerahan bendera Merah Putih kepada pasukan pengibar bendera (Paskibra) Jawa Tengah 2017 di halaman Kantor Gubernur Jateng, Kamis (17/8) pagi.

Menurutnya, jasa dan perjuangan para pahlawan merupakan fakta sejarah yang tidak bisa dilupakan, bahkan harus terus diingat sepanjang hayat dikandung badan, serta diwariskan kepada generasi muda. Seperti pernyataan Bung Karno, jangan sekali-sekali melupakan sejarah (jas merah).

“Kalian sebagai generasi muda harus bisa melanjutkan perjuangan pahlawan dengan mengisi kemerdekaan ini. Salah satu contoh dengan menjadi anggota Paskibra, dari cara melipat, menyimpan juga merawat bendera tidak boleh sembarangan. Semuanya ada aturan yang harus ditaati,” beber Sekda.

Kekompakan tingkah laku sikap dan tutur kata dan perbuatan harus sesuai dengan apa yang telah dilatih dan diajarkan. Sebab, sukses tidaknya upacara itu tergantung sukses tidaknya petugas pengibar. Ketika pengibaran bendera berjalan dengan lancar maka syukur dirasakan seluruh hadirin upacara. Selain itu, pengibaran bendera akan menjadi sorotan atau perhatian tidak saja peserta upacara, tapi juga masyarakat yang melihat dan menyaksikan upacara di sekitar lapangan.

Artinya, imbuh Sri Puryono, secara otomatis pasukan pengibar bendera yang beranggotakan para pelajar SMA perwakilan kabupaten dan kota se-Jateng tersebut, menjadi panutan dan teladan. Besar kemungkinan mereka juga menjadi jujukan pertanyaan adik-adik kelas, saudara, dan masyarakat mengenai tata cara penghormatan kepada sang Dwi Warna merah Putih.

“Saya percaya kalian bisa mengemban amanah dengan sebaik-baiknya. Gemblengan para instruktur dengan segala kedisiplinannya Insya Allah mampu menjadikan kalian kuat jiwa dan raga,” imbuhnya.

Demikian pula pikiran ilmu dan keterampilan yang mesti semakin mantap dan baik. Kepercayaan sebagai Paskibra harus dijaga dengan sebaik-baiknya dan jangan disia-siakan. Laksanakan dengan mantap supaya sang Dwi Warna merah putih selalu berkibar di angkasa bumi nusantara juga di dunia dan buktikan NKRI selalu ada.

Usai menerima bendera merah putih dari Sekda Jateng Dr Ir Sri Puryono KS MP, Paskibra Jateng dengan langkah tegap dan kompak berjalan menuju Lapangan Pancasila, Simpang Lima Semarang, guna melaksanakan upacara peringatan HUT ke-72 Tahun Kemerdekaan RI tingkat Jawa Tengah, pukul 09.00 WIB dengan inpektur upacara Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo SH MIP.

 

Penulis : Mn, Humas Jateng

Editor : Ul, Diskominfo Jateng

Foto : Humas Jateng

 

Berita Terkait