Portal Berita
Pemerintah Provinsi Jawa Tengah
Mal Pelayanan Publik di Surakarta Segera Beroperasi
- 14 Aug
- yandip prov jateng
- No Comments

SURAKARTA – Pelayanan Publik di Kota Surakarta akan semakin cepat, mudah dan nyaman dengan adanya Mal Pelayanan Publik (MPP) yang segera beroperasi mulai 17 Agustus mendatang. MPP tersebut menempati eks gedung Bank Danamon yang telah dihibahkan ke Pemkot Surakarta, di sebelah Benteng Vastenberg Jalan Jendral Sudirman.
“Sedianya MPP akan diluncurkan pada bulan Juni 2020. Namun karena adanya Pandemi Covid-19, pelayanan baru bisa dibuka mulai 17 Agustus 2020 tepat pada momen perayaan HUT ke-75 RI,” ujar Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Surakarta Toto Amanto, dalam dialog interaktif di sebuah stasiun TV swasta lokal, Kamis (13/8/2020).
Dijelaskannya, sebanyak 21 OPD telah menyiapkan pelayanan dengan sebaik mungkin. Mulai dari pelayanan pemberian informasi, pengurusan izin, sampai penerbitan dokumen dan berkas.
“Khusus OPD Pemkot, standar operasional prosedur (SOP) yang diberlakukan dalam pemberian layanan di kantor OPD asal dan MPP prinsipnya sama. Jadi masyarakat bisa memiliki pilihan untuk mengakses layanan yang mereka butuhkan, bisa di OPD maupun MPP,” terang Toto.
Ditambahkan, protokol kesehatan nantinya tetap diterapkan dengan pemeriksaan suhu tubuh, mencuci tangan dengan air dan sabun, maupun menggunakan cairan disinfektan.
“Tak lupa SOP pelayanan dibuat secepat dan senyaman mungkin dengan tetap menjaga jarak,” tukasnya.
Toto menjelaskan, pelayanan dibagi ke dalam lima lantai. Lantai satu dipergunakan untuk pelayanan 21 OPD, lantai dua untuk pelayanan instansi vertikal dan Provinsi Jateng. Adapun lantai tiga untuk kantor DPMPTSP, dan lantai teratas difungsikan sebagai ruang pertemuan.
“Basement untuk ruang tunggu dilengkapi kantin, pojok baca, tempat bermain anak dan ruang laktasi, serta musala,” ujarnya.
Toto menambahkan, terdapat 377 jenis pelayanan yang tersedia di MPP. Yakni 184 macam pelayanan dari OPD Pemkot Surakarta, 177 layanan dari Instansi vertikal, 11 layanan dari BUMN, dan empat layanan dari swasta.
“OPD yang membuka pelayanan yakni BPPKAD, Dispendukcapil, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Kesehatan Kota, Dinas Perdagangan, Dinas Perhubungan dan Disnakerperin,” jelas Toto.
Sementara, pihak BUMD yang membuka pelayanan yakni Bank Jateng dan PDAM Surakarta. Pemkot Surakarta juga menggandeng PLN, BRI serta Bursa Efek untuk membuka layanan di MPP Surakarta.
“Pada prinspinya, MPP Surakarta menekankan pentingnya pelayanan terbaik, mudah dan cepat untuk masyarakat,” tandasnya.
Penulis : Humprot Solo/heDJ
Editor : WH/Diskominfo Jtg