Cegah “Bullying” dengan Budi Pekerti

  • 19 Jul
  • Prov Jateng
  • No Comments

Banyumas – Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo SH MIP memberikan pembekalan kepada siswa baru SMA Negeri 5 Purwokerto Banyumas yang sedang mengikuti Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) melalui kegiatan ‘Gubernur Mengajar’, Rabu (19/7). Dia menekankan agar para siswa diberikan pelajaran budi pekerti sshingga menjadi pribadi yang toleransi, pancasilais, dan cinta terhadap NKRI. 

Menurut Ganjar, budi pekerti penting diberikan untuk mencegah kasus bullying yang sedang marak terjadi. Bahkan budi pekerti tidak memerlukan kurikulum khusus karena dapat disisipkan ke dalam mata pelajaran dan aktivitas apa pun.

“Tidak perlu memberikan kurikulum khusus cukup disisipkan ke dalam mata pelajaran apa pun atau melalui aktivitas apa pun,” katanya.

Agar budi pekerti dapat terserap dengan baik, imbuh Ganjar, para guru dan siswa harus terus dirangsang untuk selalu mengingatkan. Sehingga mentalitas siswa dapat terbangun dan tidak mudah terjebak dalam perilaku menyimpang.

Ganjar juga menegaskan pentingnya pembentukan karakter bagi para siswa karena mereka akan dihadapkan pada tantangan-tantangan yang cukup berat seperti, hoax, pornografi, radikalisme, dan terorisme. Tantangan tersebut sering dijumpai dan mudah diakses oleh para siswa melalui smartphone yang mereka pegang setiap hari. Dengan berkarakter mereka akan memiliki kemampuan untuk menghadapi berbagai masalah, baik di dalam maupun di luar lingkungan sekolah.

“Mereka juga harus membangun dirinya dengan membentuk karakter agar menjadi insan Indonesia yang pancasilais yang cinta NKRI,” ujarnya.

Untuk menumbuhkan budi pekerti dan membangun karakter, para guru diwajibkan memberikan pelajaran dengan metode yang menyenangkan dan humoris. Sehingga siswa merasa senang dan nyaman menerima pelajaran yang diberikan. Dalam memberikan pelajaran bapak-ibu guru juga harus bisa memberikan contoh konkret, khususnya terhadap tantangan yang akan mereka hadapi

“Kita ingatkan bahaya itu dengan konkret, dengan cerita yang enak agar bisa menyiapkan dirinya nanti ke depan,” pungkasnya.

 

Reporter : Kh, Humas Jateng

Editor : Ul, Diskominfo Jateng

 

Berita Terkait