Mutasi dan Rotasi Bukanlah Hukuman

  • 08 May
  • yandip prov jateng
  • No Comments

PATI – Dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan dan physical distancing, tiga orang pejabat administrator dan 18 orang pejabat pengawas di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pati dilantik oleh Bupati Pati di Pendapa Kabupaten Pati, Selasa (5/5/2020).

Bupati Pati Haryanto menyampaikan, mutasi dan rotasi merupakan hal yang biasa dalam pemerintahan, dan bukan sebagai bentuk hukuman.

“Jika kesuksesan seorang pejabat di satu tempat, lalu di rotasi ke tempat yang lain, bertujuan untuk membantu di tempat baru. Kalau promosi, ini merupakan kepercayaan, untuk mengemban amanah,” tutur Haryanto.

Alasan pelantikan di tengah situasi wabah Covid-19, lanjutnya, sebagai upaya agar pelayanan kepada masyarakat tidak terputus.

“Karena sebagian besar yang dilantik adalah kepala seksi yang ada di kecamatan. Meskipun ada juga kasi di OPD, maupun kepala bidang,” lanjut bupati.

Maka dirinya meminta para Kasi Pelayanan, Kasi Pemerintahan, Kasi Trantib di kecamatan untuk membantu penanganan Covid-19.

Untuk Kasi Kesra, bupati menekankan agar berperan aktif bersama dengan tenaga pendamping dari kecamatan maupun dinas sosial. Terlebih dalam proses pendistribusian jaring pengaman sosial maupun juga bantuan program keluarga harapan (PKH), bantuan pangan nontunai (BPNT), bantuan sosial tunai (BST), dan lainnya.

Ditambahkan, terkait ASN yang telah menempuh tugas belajar maupun ijin belajar, Haryanto berpesan, mereka tidak bisa mengajukan mutasi ke luar daerah, karena kesempatan tugas belajar telah dibiayai oleh Pemerintah Kabupaten Pati.

“Jelas saya tidak boleh, karena memang pegawai kita ini kurang. Dan semua yang tugas belajar, yang pintar dan memenuhi syarat, saya beri tempat untuk mem-backup OPD yang ada,” terangnya.

Terakhir, bupati menyampaikan selamat kepada pejabat yang dilantik. Dirinya berharap pejabat baru dapat menyesuaikan tugas di tempat yang baru.

“Semoga berkah dan amanah di bulan suci Ramadhan ini,” pungkasnya.

Penulis : Tim Media Center Diskominfo Kab Pati

Editor : Di, Diskominfo Jateng*P.

Berita Terkait